Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

El Nino Perluas Pemutihan Karang di Perairan Indonesia
Oleh : Redaksi
Rabu | 07-06-2017 | 11:38 WIB
karang-01.gif Honda-Batam
Terumbu Karang yang rusak. (media.halomalang.com)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melaporkan meluasnya pemutihan terumbu karang di seluruh perairan Indonesia pada 2015 hingga penghujung 2016 karena peningkatan suhu air laut akibat anomali cuaca El Nino.

Namun Kepala Pusat Penelitian Oseanografi LIPI Dirhamsyah di Jakarta, Rabu, mengatakan berdasarkan hasil monitoring jangka panjang (sejak 1993) kondisi terumbu karang Indonesia rata-rata cenderung membaik walaupun terjadi penurunan kondisi di pengunjung 2016.

Penurunan kondisi terumbu karang pada 2015 dan 2016 di hampir seluruh perairan Indonesia dilaporkan terjadi karena pemutihan karang yang diikuti dengan infeksi penyakit dan serangan hama.

Dirhamsyah menjelaskan pemutihan karang terjadi karena kenaikan suhu air laut akibat fenomena anomali cuaca El Nino, dan para ahli memperkirakan pemutihan karang akan sering terjadi di masa yang akan datang akibat kombinasi dengan perubahan iklim dan pemanasan global.

Pada sisi lain, ia mengatakan, hasil pengamatan di lapangan di beberapa lokasi menunjukkan masih adanya aktivitas yang menyebabkan kerusakan terumbu karang seperti penangkapan ikan menggunakan bom, pencemaran dan kegiatan pembangunan di wilayah pesisir.

Expand