Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pengecekan Tim Sembako Polsek Tebing dan Disperindag Karimun

Makanan dan Minuman Kadaluarsa Masih Beredar di Karimun
Oleh : wandy
Rabu | 07-06-2017 | 09:02 WIB
tim_sembako_karimun.jpg Honda-Batam
Anggota Polsek Tebing dan Disperindag Kabupaten Karimun melakukan pengedekan di supermarket, minimarket dan pasar. (Foto: Wandy)

 

BATAMTODAY.COM, Karimun - Kepolisian Sektor Tebing bersama Disprindag Kabupaten Karimun melakukan pengecekan harga sembako. Ini adalah instruksi langsung Presiden Jokowi melalui Menteri Pertanian dan Pangan untuk menjaga kestabilan harga sembako, ketersediaan gas, pengecekkan masa kadaluarsa makanan dan minuman di supermarket, minimarket dan toko di seluruh Indonesa.

 

Kapolsek Tebing AKP Budi Hartono mengatakan, dalam operasi yang dilakukan itu, masih ditemukan barang-barang tidak berlebel serta makanan dan minuman yang sudah kadaluarsa.

"Kita masih menemukan di sejumlah toko yang masih menjual, makanan dan minuman yang sudah kadaluarsa dan juga barang-barang yang tidak memiliki lebel," ujar Budi Hartono.

Sementara untuk harga sembako, lanjut Budi, hasil penelusuran di Pasar Teluk Uma, masih belum ditemukan kenaikan harga yang terlalu tinggi

Sedangkan mengenai ketersediaan stok gas, di Kecamatan Tebing masih aman hingga hari raya Idul Fitri. Dalam pengecekan kali ini, tim turun di 8 tempat di Kecamatan Tebing. Diantaranya, Supermarket Daily Mart, Toko Among, Pasar Teluk Uma, Minimarket Glory, Minimarket Century, Supermarket Indo PN, Mini Market Maju Jaya, Mini Market Poros Jaya dan Distributor Gas PT Central Jaya.

"Hasilnya kita temukan barang-barang kadaluarsa berupa roti, sosis ayam, dan kecap. Sedangkan untuk barang- barang tidak ada label kadaluarsa, kerupuk ikan, roti, susu kental, sagu, kurma, terasi, asam jawa dan snack ringan," paparnya.

Untuk itu Kapolsek Tebing dan Disperindag menegur para pedagang agar makanan dan minuman tersebut diberi label
kadaluarsa.

"Kita berikan mereka pembinaan agar lebih teliti, untuk barang- barang yang tidak mempunyai label kadaluarsa kita minta pemilik toko menyampaikan kepada produsen untuk memberikan label," katanya.

Editor: Dardani