Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemprov Kepri Anggarkan Rp5,6 Miliar untuk Beasiswa di Perguruan Tinggi
Oleh : Ismail
Selasa | 06-06-2017 | 10:30 WIB
arifin-01.gif Honda-Batam
Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kepri, Arifin Nasir. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Mahasiswa asli Kepulauan Kepri berkesempatan mendapatkan beasiswa dari Pemerintah Provinsi Kepri. Tahun ini, Pemprov telah menganggarkan dana untuk beasiswa sebesar Rp5,6 miliar.

Dana yang telah disiapkan itu diperuntukkan untuk dua jenis beasiswa, yakni beasiswa penuh dan bantuan pendidikan.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kepri, Arifin Nasir menjelaskan beasiswa penuh itu diperuntukkan untuk mahasiswa yang memiliki kemampuan menghafal Al-Quran. Masiswa ini akan mendapat biaya pendidikan dan biaya hidup di sekolah kedokteran sampai lulus.

"Mahaisiswa yang hanya mampu menghafal 3 juz Al-Quran gratis masuk ke Politeknik Kesehatan (Poltekes) Tanjungpinang," kata Arifin, Senin (5/6/2017).

Sementara, bantuan pendidikan diperuntukkan untuk mahasiswa asli Kepri yang menempuh pendidikan di dalam maupun di luar daerah. Ini, sifatnya tidak penuh hanya berupa bantuan biaya penelitian, penulisan skripsi atau tesis atau biaya hidup selama menempuh pendidikan.

Peberian beasiswa ini merupakan salah satu misi yang diusung Gubernur Kepri, yakni "Mengembangkan Perikehidupan Masyarakat yang Agamis, Demokratis, Berkeadilan, Tertib, Rukun dan Aman di Bawah Payung Budaya Melayu".

Masih kata Arifin, mahasiswa yang ingin mendapatkan beasiswa tersebut bisa mengajukan proposal ke Disdik Kepri. Pengajuan proposal itu akan dibuka mulai Juli 2017.

"Sekarang kita persiapkan Pergub-nya dulu. Saya rasa Juli sudah bisa proposal beasiswa diajukan," ujar Arifin.

Editor: Gokli