Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Perusahaan di Korea Utara Ciptakan Tablet dengan Nama iPad
Oleh : Redaksi
Jum'at | 02-06-2017 | 09:14 WIB
ipad.gif Honda-Batam
Ilustrasi

BATAMTODAY.COM, Batam - Perusahaan Korea Utara bernama Ryonghung belum lama ini memperkenalkan tablet baru. Yang menarik, handset tersebut diberi nama yang sama dengan tablet Apple yaitu iPad.

Ryonghung iPad didesain untuk membaca berita, mengerjakan dokumen dan menggunakan lebih dari 40aplikasi yang sudah diinstal. Dia ditenagai dengan CPU quad-core 1.2GHz, RAM 1 GB, memori penyimpanan 8GB dan kemampuan berinternet. Tersedia pula dalam boks yaitu kabel HDMI dan keyboard.

Tidak jelas system operasi apa yang dijalankan oleh iPad ini, namun dari spesifikasi tersebut, tidak ada yang special terutama jika dibandingkan dengan iPad terbaru Apple. Kendati demmikian, promosinya tetap dilakukan dengan mengabaikan hukum merek dagang perusahaan Cupertino tersebut.

"iPad telah disertifikasi oleh sistem GMP lokal, dan sangat dihargai di festival teknologi sci-tech ketiga nasional, produk properti intelektual nasional pada 2016," demikian isi brosur resmi tersebut.

Sebagai informasi, ini sebenarnya juga bukan pertama kalinya perusahaan Korea Utara 'terinspirasi' Apple. Namun, Ryonghung memang yang perusahaan pertama yang dengan jelas menggunakan merek dagang perusahaan berlogo apel tergigit tersebut.

Sebuah produk versi lain dari Ryonghung iPad pernah muncul di 2013. Tablet tersebut menjalankan system operasi Android dan tidak membawa trademark Apple.

Pada 2014, sebuah PC desktop di Pyongyang terlihat jelas menguntit desain iMac. Dalam waktu yang tak jauh berbeda, Korea Utara juga merilis OS yang diberi nama 'Red Star 3.0' yang secara visual terlihat identik dengan OS X Apple.

Tidak diketahui apakah Apple akan melayangkan tuntutan pada Ryonghung. Apple belum memberikan komentar terkait masalah ini.

Sumber: CNNIndonesia
Editor: Gokli