Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Barcelona Umumkan Valverde Sebagai Pelatih Baru
Oleh : Redaksi
Rabu | 31-05-2017 | 08:12 WIB
ernesto-valverde.jpg Honda-Batam
Ernesto Valverde. (Foto: AP)

 

BATAMTODAY.COM, Barcelona - Barcelona resmi mengumumkan Ernesto Valverde sebagai pelatih baru, Senin (29/5). Valverde menandatangani kontrak dua tahun, dengan opsi tahun ketiga, untuk mengambil alih tugas kepelatihan dari Luis Enrique.

 

"Ernesto Valverde pelatih baru FC Barcelona untuk dua tahun ke depan. Pria 53 tahun mantan pemain Barça, sebelumnya pelatih Athletic Club Bilbao dan dia akan mulai bertugas pada musim 2017/18," bunyi pernyataan resmi Barcelona

Nama Valverde telah dikaitkan dengan pekerjaan melatih Barcelona selama beberapa pekan terakhir. Klub Katalan telah mempelajari sejumlah kandidat, termasuk pelatih yang pernah menghabiskan waktu di klub tersebut sebagai pemain seperti Ronald Koeman dan Eusebio Sacristán.

Nama pertama dicoret saat Departemen Teknis Barca merasa bahwa tim tersebut membutuhkan pelatih asli Spanyol. Eusebio tak masuk karena bahagia di San Sebastián. Baru-baru ini, ia berkomitmen untuk bertugas dua tahun lagi dengan Real Sociedad yang dipandunya ke Liga Europa musim depan.

Alverde menghabiskan waktu di Barcelona sebagai pemain. Profil dan latar belakangnya sangat cocok untuk Barcelona. Dia menghabiskan dua musim di klub tersebut pada akhir 80-an sebagai striker. Namun masalah cedera yang terus berlanjut menghambat kemajuannya dan dia meninggalkan Camp Nou pada 1990 setelah hanya tampil dalam 22 laga dan mencetak delapan gol.

Dijuluki El Txingurri, kata Basque untuk semut, Valverde memulai karir manajerialnya di Athletic Club pada 2003, dan membimbing tim ke tempat kelima dan lolos ke Piala UEFA pada musim pertamanya di Bilbao. Ia kemudian membawa Bilbao mencapai semifinal Copa del Rey tahun berikutnya.

Masalah internal di Athletic mendorong kepergiannya pada tahun 2005 dan setelah menjalani cuti setahun, dia kembali untuk mengambil kendali di Espanyol dan mengarahkan timnya ke final Piala UEFA pada bulan Mei 200. Dia menikmati sukses dengan Olympiakos, memenangkan gelar Liga Super and Piala Yunani dua kali pada 2009, sebuah prestasi yang dia ulangi pada 2012 sebelum meninggalkan Athena karena alasan pribadi di akhir musim.

Dia dibawa menggantikan Mauricio Pellegrino pada bulan Desember 2012 di Valencia dan mengubah nasib tim, meninggalkan tim kelima di klasemen akhir dan langsung lolos ke tahap grup Liga Europa tahun berikutnya. Setelah itu ia kembali ke Bilbao dimana keterampilan kepemimpinan dan penglihatan taktisnya memiliki dampak instan. Athletic, yang telah menyelesaikan musim sebelumnya di urutan tengah, lolos ke babak play-off Liga Champions di mana mereka mengalahkan Napoli untuk maju ke babak penyisihan grup.

Dia membawa Athletic ke Eropa dalam tiga musim berikutnya dan melangkah final Copa del Rey 2015. Sayang, mereka kalah dari Barcelona. Sekarang Valverde justru mendapatkan kesempatan besar menukangi Blaugrana.

Sumber: Republika
Editor: Dardani