Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Warga Tanjunguban dan Lobam Ramaikan Fenomena Ngabuburit
Oleh : CR-15
Sabtu | 27-05-2017 | 19:26 WIB
Ngabuburit-di-Jalan-Permaisuri-Binitan.gif Honda-Batam
Kondisi Jalan Permaisuri Bintan Utara saat sore hari pada hari pertama Ramadan 1438 H (Foto: CR-15)

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - Fenomena ngabuburit tentunya bukan hal yang asing lagi di telinga masyarakat. Ngabuburit sendiri merupakan istilah beken yang diciptakan masyarakat yang berarti kegiatan jalan-jalan dan berkendara di sore hari pada bulan Ramadan.

Warga Tanjunguban, Kecamatan Bintan Utara, Kabupaten Bintan pun turut meramaikan fenomena ini. Dan pada sore hari ini Sabtu, 27 Mei sekitar pukul 17.00 wib, di sepanjang Jalan Permaisuri, dipenuhi oleh kerumunan kendaraan warga Tanjunguban dan sekitarnya.

Aneta, salah seorang warga Tanjunguban mengakui bahwa ia termasuk salah satu orang yang hobby ngabuburit.

"Setiap Ramadan, ini merupakan kegiatan yang saya gemari. Sering juga janjian sama teman untuk sekedar berkeliling Tanjunguban. Seru aja sih karena rame," ungkapnya, Sabtu (27/5/2017).

Secara terpisah, Adjie yang juga merupakan warga Tanjunguban mengatakan, salah satu alasannya ngabuburit sebagai penghilang suntuk jelang berbuka.

"Kalau di rumah aja waktu terasa lama, makanya pilih ngabuburit, sekalian cari takjil buat berbuka nanti. Mungkin karena ini hari pertama puasa, jalanan jadi ramai sampai macet gini," ujar Adjie.

Ngabuburit memang salah satu kegiatan yang digemari sebagian masyarakat pada bulan Ramadhan. Pada saat ngabuburit, Anda bisa refreshing, sekedar mencari takjil untuk berbuka atau bisa juga menjadi sarana silaturahmi dengan teman, keluarga dan yang lainnya.

Namun saat ngabuburit, tentunya Anda tetap harus mematuhi peraturan lalu lintas serta kelengkapan berkendara agar keamanan Anda tetap terjaga.  

Editor: Udin