Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pantai Pasir Putih Dipenuhi Sampah, Pengunjung Enggan Berwisata ke Belakang Padang
Oleh : Michael Elya Silalahi
Selasa | 23-05-2017 | 19:02 WIB
Suratno-saat-mmebersihkan-pantai-dari-sampah.gif Honda-Batam
Pengelola Pantai Pasir Putih Belakang Padang, Suratno membersihkan sampah kiriman yang datang ke lokasi wisatanya (Foto: Michael Elya Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pantai Pasir Putih dulunya merupakan salah satu lokasi favorit masyarakat lokal dan turis asing untuk berwisata, namun saat ini berbeda. Pantai yang berada dekat Kampung Jawa Belakang Padang, Kepulauan Riau itu, mulai ditinggalkan oleh para wisatawan. Kondisi ini disebabkan menumpuknya sampah di sepanjang bibir pantai.

Ketty, salah satu pengunjung pantai yang ditemui BATAMTODAY.COM, mengeluhkan kebersihan pantai yang merupakan satu-satunya objek wisata di Belakang Padang tersebut.

"Sudah datang sejak pagi lalu menyempatkan diri untuk mengunjungi destinasi wisata para wisatawan, jika berkunjung ke Belakang Padang. Tapi waktu lihat pantainya, saya lihat kotor sekali. Saya pun tidak tau, mau lihat apa di sini. Sekadar berfoto saja pun saya urungkan," tutur Ketty, Selasa (23/5/2017).

Pengelola pantai yang ditemui, Suratno menjelaskan, sampah yang bertumpuk di sepanjang pantai, diakibatkan faktor alam dan bukan karena kelalaian pengelola pantai.

Saat musim hujan dan musim angin barat, akan banyak sampah kirimin yang datang. Akan tetapi, diakui Suratno, pengelola sering dan sigap menanganinya demi kenyamanan wisatawan.

"Pembersihan mulai dikerjakan dari kemarin pagi. Tapi tadi malam datang lagi sampah-sampahnya. Terbawa arus sampai ke sini. Ini faktor alam. Tapi setiap hari petugas kita bersihin sampai bersih. Sekarang lagi ada pekerjaan lain, jadinya sampah-sampah nya terbengkalai," jelas Suratno.

Editor: Udin