Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

DKUM Terus Dorong Pola Pikir Masyarakat dalam Berwirausaha
Oleh : Irwan HIrzal
Selasa | 23-05-2017 | 16:50 WIB
suleman-nababan-728x349.gif Honda-Batam
Kadis KUM, Suleman Nababan (Foto: dok.batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Batam, akan terus mendorong masyarakat dalam merubah pemikiran dari pekerja ke wirausaha. Karena saat ini jumlah pengangguran di Batam terus meningkat.

"Beberapa waktu lalu 200 orang warga Batam melakukan pelatihan wirausaha dengan dibagi dua gelombang. Mereka rata-rata dari pengangguran dan ibu rumh tangga," kata Kepala Dinas KUM, Suleman Nababan, Selasa (23/05/2017) pukul 15.00 Wib.

Suleman mengaku, akan terus memberikan pelatihan dan penjelasan dalam berwirausaha, memberikan semangat, berani, gagah perkasa, dorongan dan motivasi untuk beralih dari pekerja ke wirausaha.

"Kemarin kami undang nara sumber dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (UI) dan pengusaha di Batam yang sudah berkembang pesat," katanya.

Dalam pelatihan itu, 200 orang tersebut mendapatkan sertifikat. Namun kata Suleman, bukan permasalahan sertifikatnya namun lebih kepada merubah pemikiran untuk turun sebagai wirausaha dan tidak hanya sebagai pekerja.

"Kita berikan ketangkasan, kekuatan dan dorongan agar mereka turun langsung berwira usaha," ujarnya.

Ia mencontohkan, usaha pemula yang harus dilakukan pertama yaitu industri rumah tangga dalam membuat makanan ringan atau kue ataupun berjualan pakain umum di rumah.

"Kami memberikan semangat terus kepada masyarakat. Ibu rumah tangga harus punya pemikiran menambah penghasilan suami, di samping pekerjaan perusahaan di Batam sekarang tengah anjlok. Makanya banyak usaha kuliner timbul, itu akibat susahnya mencari kerja dan akhirnya mereka berwirausaha," tuturnya.

Ia berharap, masyarakat secara pelan-pelan bergerak dari wirausaha pemula ke mikro, kecil, tangguh hingga kecil dan paling tinggi menengah. "Harapan kami seperti itu, pelatihan akan kami terus lakukan guna memperbaiki ekonomi masyarakat," pungkasnya.

Editor: Udin