Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

ATB Lakukan Perawatan IPA Sei Harapan

Hari Ini, Beberapa Wilayah di Batam Alami Gangguan Suplai Air
Oleh : Suci Ramadhani
Senin | 22-05-2017 | 11:06 WIB
IPA-01.gif Honda-Batam
Perbaikan instalasi pengelolaan air (IPA) Sei Harapan. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Untuk tetap menjaga kualitas, kuantitas dan kontinuitas suplai air ke pelanggan, PT Adhya Tirta Batam (ATB) secara berkala melakukan perawatan dan penggantian pipa transmisi di area Instalasi Pengolahan Air (IPA). IPA Sei Harapan salah satunya, yang akan dilakukan penggantian pipa header di area IPA.

"Pekerjaan penggantian pipa header akan di lakukan di IPA Sei Harapan. Pipanya memang sudah waktunya di ganti, mengingat secara teknis kondisi pipa yang sudah tidak handal lagi. Selama pekerjaan, IPA akan shutdown sementara waktu," ujar Muflikhin Project Manager ATB, Senin (22/5/2017).

Pekerjaan penggantian pipa header yang di lakukan oleh perusahaan air bersih swasta terbaik di Indonesia tersebut merupakan hal yang sangat.

Dimana pipa header termasuk jaringan pipa pangkal (pipa area hulu) pada jaringan transmisi. Melalui pipa header, air yang sudah siap di produksi dapat di alirkan ke pelanggan.

"Penggantian pipa header bertujuan untuk mengurangi resiko shutdown (off) pada IPA. Apabila pipa header rusak seperti bocor atau terganggu efeknya IPA akan shutdown. Termasuk secara teknis pipa yang sudah tidak maksimal lagi, perlu mendapatkan perawatan atau penggantian," jelas Muflikhin lagi.

Sementara itu, Enriqo Moreno, Manager Corporate Communication ATB menambahkan, pekerjaan pemasangan pipa header akan dilakukan pada Selasa (23/5/2017) mulai pukul 21.00 sampai selesai.

Tentunya selama pekerjaan berlangsung, IPA Sei Harapan akan berhenti beroperasi. Dengan pekerjaan ini IPA Sei Harapan yang mensuplai wilayah pelanggan mulai dari Tiban hingga Sekupang dan sekitarnya akan terdampak sementara.

"Antisipasi Shutdown IPA Sei Harapan, kami himbau kepada pelanggan di kawasan Tiban dan sekitarnya untuk bisa menampung air seperlunya, IPA Sei harapan akan Shutdown sementara waktu selama pekerjaan berlangsung," jelas Enriqo.

Meski pekerjaan penggantian pipa akan diupayakan secepat mungkin di selesaikan, ia menegaskan pekerjaan tersebut akan berdampak pada gangguan suplai air kepada pelanggan.

Hampir seluruh wilayah Tiban dan sekitarnya yang mendapatkan suplai air dari IPA Sei Harapan akan mengalami gangguan suplai sementara.

"Wilayah-wilayah yang akan berdampak meliputi wilayah Delta Villa, Green Boulevard, Tiban Koperasi, Tiban Diamond, Tiban Palm, Taman Irene, Panorama, Tiban Housing, Tiban Permai. Termasuk wilayah Kav Tiban 2 & 3, Masyeba Permai, Tiban Pajak, Pesona, kav Rabayu, Kav Mentarau, Tg Sakinah, Nirwana, Tiban Mas 2, Tiban Point, Cipta Land, Tiban Makmur, Tiban Airis, Graha Tirta Indah, Riau Bertuah 1&2 , Melati Raya, Persero View Riau,Kav Tiban 4," ujar Enriqo.

Ia melanjutkan, proses normalisasi usai pekerjaan tersebut akan berbeda pada setiap wilayah. Semakin dekat dan rendah lokasi pelanggan dari IPA, semakin cepat normalisasi suplai air. Oleh karena itu, agar pelanggan hilir lebih cepat menikmati air bersih, pelanggan hulu diharapkan dapat lebih bertoleransi.

“Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang akan dialami pelanggan. Pekerjaan ini harus kami lakukan agar kontinuitas suplai air kepada pelanggan tetap berlangsung. Bagi pelanggan yang membutuhkan informasi terkait dampak dari pekerjaan tersebut, dapat menelepon ke Call Centre ATB melalui nomor 0778-467111,” tutupnya.

Editor: Gokli