Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sekda Abu Hasyim Pimpin Upacara Peringatan Harkitnas di Lingga
Oleh : Bayu Yiyadi
Senin | 22-05-2017 | 10:39 WIB
harkitnas-01.gif Honda-Batam
Sekda Lingga, Abu Hasyim dipercaya bertindak sebagai Inspektur Upacara mewakili Bupati dan Wakil Bupati Lingga . (Foto: Bayu Yiyadi)

BATAMTODAY.COM, Daik Lingga - Segenap aparatur pemerintah Kabupaten Lingga melaksanakan upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang ke-109 di Lapangan Kantor Bupati Lingga, Senin (22/05/2017) pagi.

Peringatan yang jatuh pada tanggal 20 Mei itu di laksanakan Pemkab Lingga pada hari ini karena bertepatan dengan hari Libur.

Sekda Lingga, Abu Hasyim dipercaya bertindak sebagai Inspektur Upacara mewakili Bupati dan Wakil Bupati Lingga yang berhalangan hadir.

"Saya mewakili Bupati dan Wabup yang dalam hal ini beliau masih ada kegiatan di luar daerah," kata Abu Hasyim di depan peserta upacara saat amanatnya.

Di samping itu, ia juga menyampaikan sambutan dari Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara sempena dengan peringatan Harkitnas.

Dalam sambutannya, Rudiantara mengatakan bahwa upacara bendera memperingati Harkitnas Ke-109 mengangkat tema 'Pemerataan Pembangunan Indonesia yang Berkeadilan sebagai Wujud Kebangkitan Nasional'.

Pada tema tersebut, semangat Kebangkitan Nasional tidak pernah memudar, namun justru semakin menunjukkan urgensinya bagi kehidupan berbangsa kita hari-hari ini.

"Setidaknya 109 tahun yang lalu semangat ini sudah tercetus, ditandai dengan berdirinya Boedi Oetomo, tapi sampai sekarang tetap sangat ampuh menyatukan dan menyemangati gerak kita sebagai bangsa," ungkap Rudiantara dalam sambutan tertulisnya.

Ia pun berharap, kiranya tema di atas dapat menjadi sebuah pesan yang tepat dan seyogyanya tidak hanya tertanam di dalam hati, namun juga segera diwujudkan melalui strategi, kebijakan, dan implementasi dalam pelayanan kepada masyarakat dan bangsa.

"Satu abad lebih sejak organisasi Boedi Oetomo digagas telah memunculkan dimensi baru dalam landskap sosial budaya seluruh umat manusia. Perubahan besar telah terjadi, yang kalau boleh kita rangkum dalam satu kata, 'digitalisasi' adalah kata yang tepat," ujar Rudiantar

Dengan inovasi digital, lanjutnya mungkin dihadapkan pada kejutan-kejutan dan tatacara baru dalam berhimpun dan berkreasi.

"Satu hal yang pasti, kita harus tetap berpihak untuk mendahulukan kepentingan bangsa di tengah gempuran lawan-lawan yang bisa jadi makin tak kasat mata. Karena itulah kita tak boleh meninggalkan orientasi untuk terus mewujudkan pemerataan pembangunan yang berkeadilan sosial," ucapnya.

"Semoga kita semua bisa meniti ombak besar perubahan digital dengan selamat dan sentosa dan berbuah manis bagi orientasi pelayanan kepada masyarakat. Hanya dengan semangat untuk tidak meninggalkan satu orang pun tercecer dalam gerbong pembangunan maka Negara Kesatuan Republik Indonesia ini tetap akan jaya. Selamat Hari Kebangkitan Nasional Ke-109. Salam #IndonesiaBangkit!," demikan Rudiantara.

Pantauan di Lapangan, pelaksanaan Harkitnas di hadiri Kapolsek Daik Lingga, Dandim 0315, Danlanal, Asisten pemerintahan Pemkab Lingga, sejumlah Kepala OPD, Camat, serta para ibu PKK yang tergabung dalam GOW dan diikuti peserta upacara dari kalangan PNS, Satpol PP, PTT/THL, Siswa-Siswi menengah di wilayah Ibukota Kabupaten.

Editor: Gokli