Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Masyrakat Anambas Antusias Ikuti Baksos dan Pengobatan Gratis TNI di KRI Dr Suharso
Oleh : Freddy Silalahi
Minggu | 21-05-2017 | 17:30 WIB
BaksosTNI_anambas1.jpg Honda-Batam
Anggota TNI tengah menggendong warga Anambas ke KRI Dr Suharso untuk mendapatkan pengobatan gratis (Foto: Freddy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Masyarakat Kecamatan Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas memiliki animo tinggi mengikuti acara Bakti Sosial (Baksos) dan Pengobatan Gratis oleh Tentara Nasional Indonesia (KRI), yang menggunakan KRI Dr Suharso 990.

Sedikitnya 597 orang mendapat pengobatan gratis dari giat yang dipimpin oleh Kepala Pusat Kesehatan (Kapuskes) TNI, Mayjen TNI Ben Yura Rambe Mars. Selain itu, Kapuskes juga membagikan 250 alat pendengaran, 250 kacamat mata baca, dan 250 kursi roda.

Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris sangat berterimasih atas giat baksos yang dilakukan oleh TNI tersebut. Menurutnya, melalui kegiatan tersebut, masyarakat Anambas semakin sadar untuk menjaga kesehatan.

"Saya mewakili masyarakat sangat berterimakasih atas baksos yang dilakukan oleh TNI. Mudah-mudahan kegiatan ini menumbuhkan kesadaran masyarakt untuk menjaga kesehatan. Karena kesehatan merupakan yang paling penting dalam hidup,"jelas Abdul Haris, Sabtu (20/5/2017) saat menyambut Rombongan KRI di Pelabuhan Tarempa.

Sementara, Kapuskes TNI, Mayjen TNI Ben Yura Rambe Mars mengakui, kegiatan tersebut merupakan perintah langsung oleh Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo.

"Perintah Panglima TNI, segera melaksanakan bhaksos di Kabupaten Kepulauan Anambas dengan membawa dokter spesialis dari TNI AD, AL dan AU,"jelasnya.

Dia juga berharap, agar masyarakat lebih mengutamakan kesehatan, serta mengatur pola makan seimbang dan menerapkan istrahat yang benar.

"Begadang itu tidak penting, itu hanya melemahkan tubuh kita serta melemahkan saraf yang ada dalam tubuh. Masyarakat harus memperbanyak konsumsi sayur dan buah juga. Kalau makanan laut ini saya akui enak-enak, tetapi banyak mengandung kolesterol tinggi. Bukan dilarang makan, tapi utamakan pola makan yang sehat,"harapnya.

Turut mendampingi Kapuskes TNI tersebut, Laksma drg Nora, Kepala RS KRI dr Soeharso 990 Kolonel dr Wiweka, Wakil RS KRI Kolonel dr Pudji, Perwira Pertama TNI AD, AU, AL yang terdiri dari dokter spesialis mata, bedah dan tulang.

Informasi yang dihimpun dari 597 orang yang mengikuti pengobatan gratis tersebut, diantaranya 187 orang pasien umum, 157 orang pasien mata, 57 pasien THT, 1 orang pasien bibir Sumbing, 40 pasien gigi, 18 pasien bedah, 2 pasien khitan dan 1 pasien kandungan. Pelayanan pengobatan gratis tersebut dilakukan pada dua titik, yakni di KRI dr Soeharso 990 dan Puskesmas Tarempa.

Editor: Surya