Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sekda Targetkan Terapkan Sistem e-Government di Triwulan II 2018
Oleh : Ismail
Sabtu | 20-05-2017 | 13:14 WIB
rapat-e-goverment1.gif Honda-Batam
Rapat implementasi e-goverment. (Foto: Ismail)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Sekretris Daerah (Sekda) Provinsi Kepulauan Riau, TS Arif Fadhillah menargetkan, penerapan sistem e-Government dalam pelaksanaan administrasi pembangunan dan pelayanan publik Pemerintah Provinsi Kepri terealisasi di 2018.

"Saya targetkan Triwulan II 2018 sudah siap. Kalau lebih cepat, lebih bagus," ujar Arif saat memimpin rapat perdana Tim Percepatan Implementasi E-Government di Collaboration Room, Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kepri, kawasan Dompak, Jumat (19/5/2017).

Menurutnya, saat ini Kepri sudah memiliki beberapa aplikasi yang sudah berjalan. Namun, belum terintegrasi dengan data yang ada. oleh karena itu, dengan terbentuknya Tim Percepatan Impelementasi E-Government ini diharapkan, sistem tersebut dapat segera terhubung.

Jika dibandingkan dengan Provinsi lainnya, lanjut Arif, Kepri termasuk lambat menerapkan sistem tersebut. Karena, Provinsi lainnya sudah menerapkan e-planning, e-budgeting.

"Jangan sampai kita provinsi ke-33, urutan ke-33 juga penerapan E-Gov ini. Kominfo ini ibarat kapal induk dalam implementasi E-Gov, harus cepat," tegasnya.

Ia minta secepatnya tim menyusun rencana aksi tahap demi tahap. "Kalau perlu nanti setiap bulan kita adakan rapat rutin, untuk memantau percepatan E-Gov ini," tambah Arief.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Kepri, Guntur Sakti mengungkapkan, untuk membangun system E-Government tidak mungkin dilakukan Dinas Kominfo sendiri. Menurutnya, perlu dukungan dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya, agar sistem tersebut dapat segera diterapkan.

"Setelah kami lakukan benchmark ke berbagai daerah, kami simpulkan tak kuat jika hanya Kominfo sendiri bangun E-Gov. Harus semua bersama-sama, tapi kata kuncinya adalah e-leadership," terang Guntur.

Ia menjelaskan, suatu daerah dapat melaksanakan E-Government sejalan dengan penerapan e-leadership yang saat ini telah ditunjukan gubernur dan Sekda. Dibuktikan Sekda telah bersedia menjadi Ketua Tim Percepatan Implementasi E-Government dan mendorong Kominfo untuk segera melakukan percepatan E-Government.

Editor: Yudha