Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hari Koperasi Nasional, DKUM Batam Gelar Bazar Murah
Oleh : Irwan Hirzal
Jum'at | 19-05-2017 | 12:40 WIB
suleman-nababan1.gif Honda-Batam
Suleman Nababan, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Batam. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Memperingati Hari Koperasi Nasional akan jatuh pada 12 Juli mendatang, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Batam akan menggelar bazar dan pasar murah.

Suleman Nababan, Kepala DKUM Kota Batam, mengatakan, untuk mempelancar kegiatan tersebut, pihaknya tengah membentuk panitia hari Koperasi. Panitianya berasal dari berbagai Koperasi di Batam yang saat ini tengah melakukan rapat dan pembahasan.

"Dibentuk panitianya, terus dirancang apa yang akan ditampilkan, termasuk penempatan lokasi bazar nantinya," katanya.

Suleman menjelaskan Koperasi adalah Badan Usaha yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum. Koperasi bergerak berlandaskan prinsip koperasi, sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasar atas asas kekeluargaan sesuai dengan UU No. 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian Indonesia.

Tujuan di dirikannya koperasi yaitu untuk menekan biaya, sehingga keuntungan yang diperoleh anggota menjadi lebih besar. Dalam menetapkan harga, Koperasi menerapkan aturan, harga sesuai dengan biaya yang sesungguhnya, ditambah komponen lain bila dianggap perlu, seperti untuk kepentingan investasi.

"Koperasi ini sangat penting di tengah sulitnya ekonomi masyarakat," pungkasnya.

Editor: Yudha