Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kelangkaan Premium di Kota Tanjungpinang

Pertamina 'Cekik' Pasokan Kuota Premium 20-30 Persen Per Hari
Oleh : Habibi Khasim
Jum\'at | 19-05-2017 | 09:14 WIB
premium-011.gif Honda-Batam
Pengumuman premium habis di sebuah SPBU di Tanjungpinang. (Foto: Habibi Khasim)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Staf fungsional Bidang Perdagangan, Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Tanjungpinang, Gilang mengatakan, sejak hari ini, Kamis (18/5/2017) bahan bakar minyak (BBM) jenis premium telah dipasok kembali dibeberapa SPBU yang ada di Tanjungpinang. Akan tetapi, kuota yang diberikan menurut sekitar 20-30 persen perhari.

"Kita turun ke dua SPBU, yang pertama di Batu Hitam itu ada bensin premium, terus juga di SPBU Km 3 juga ada. Namun kuotanya berkurang 20-30 persen dari biasanya," tutur Gilang saat diwawancarai, Kamis (18/5/2017).

Gilang mengatakan, di SPBU Km 3, biasanya memasok 20 ton perhari. Namun, dari hasil pemantauan, mereka hanya memasok 18 ton. Kemudian untuk SPBU Batu Hitam, biasanya 18-19 ton, sekarang hanya 16 ton.

"Jadi sepertinya premium masih akan dipasok, hanya saja ada pengurangan kuota," ujar Gilang.

Gilang mengaku tidak mau menduga-duga terkait kuota Bensin Premium tersebut. Apakah penyebab menghilang dan kuotanya berkurang. Karena, pihaknya belum melakukan koordinasi dengan pihak Pertamina dan SPBU. Akan tetapi, dari data yang dia dapatkan, kuota bensin premium yang telah ditetapkan oleh BPH Migas untuk Kota Tanjungpinang adalah 46 Kiloliter lebih.

"Yang saya tahu dari BPH Migas seperti itu. Namun mengenai alasan mereka melakukan pengurangan atau menghilangkan premium saya tidak bisa jawab dan tidak mau menduga-duga," tutur Gilang.

Editor: Dardani