Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Harga Bawang Putih di Lingga Capai Rp56 Ribu Per Kilogram
Oleh : Bayu Yiyadi
Senin | 15-05-2017 | 10:31 WIB
pasar-012.gif Honda-Batam
Aktivitas jual-beli di pasar Sinar Rezeki, Daik Lingga. (Foto: Bayu Yiyadi)

BATAMTODAY.COM, Daik Lingga - Jelang ramadhan, sejumlah harga kebutuhan pokok di pasar Sinar Rezeki, Daik Lingga mulai merangkak naik dari harga biasanya.

Seperti harga bawang putih yang sebelumnya hanya Rp36 ribu/Kilogram, kini naik menjadi Rp56 ribu/Kilogram.

Menurut pengakuan seorang pedagang di pasar tersebut, Maria, kenaikan harga mencapai Rp56 ribu dipengaruhi harga jual distributor kepada pedagang.

"Bawang putih ini, kami masukkan dari Jambi. Sekarang harganya Rp56 ribu. Harga itu sudah kita dapat saat dikirim dari sana," jelas Maria kepada BATAMTODAY.COM, Senin (15/05/2017) pagi.

Tidak hanya bawang, kata Maria kenaikan juga terjadi pada kebutuhan pokok lainnya, seperti sayuran, telur dan tepung terigu.

"Kalau sayur yang naik itu sawi daun Rp16 ribu/Kilogram. Telur Rp175 ribu per sarang. Kemudian tepung itu satu sak atau goni naik Rp3 ribu dari Rp170 ribu menjadi Rp173 ribu," ujar Maria

Sementara itu, bidang perdagangan pemerintah Kabupaten Lingga belum bisa dihubungi ataupun diminta keterangan mengenai kenaikan harga yang terjadi di lapangan. Sedangkan Satgas yang direncanakan Pemkab Lingga untuk memantau harga komoditas pokok jelang Ramadhan dan Idul Fitri belum juga ada perkembangan.

Masyarakat dan pedagang pun berharap pemerintah bisa segera mengantisipasi dan mencari solusi terhadap kenaikan harga yang terjadi, saat ini.

Editor: Gokli