Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Disinyalir Adanya Upaya Adu Domba TNI-Polri

SDA Indonesia Kaya, Ancaman NKRI dari Negara Luar Makin Besar
Oleh : Hadli
Senin | 08-05-2017 | 17:50 WIB
Pangdam-I-BB,-Mayjen-TNI-Cucu-Somantri.gif Honda-Batam

Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI Cucu Somantri (Foto: Hadli)

BATAMTODAY.COM, Batam - Tantangan Indonesia untuk menjaga NKRI dan Kebhinekaan semakin besar dengan banyaknya Sumber Daya Alam (SDA) yang dimiliki saat ini.

"Indonesia salah satu negara ekuator yang memiliki sumber daya besar hingga menjadi incaran bagi bangsa lain yang ingin menguasai sumber itu. Sehingga tantangan ke depan bagi TNI-Polri untuk mempertahankan NKRI semakin besar," kata Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI Cucu Somantri di Mapolda Kepri, Senin (08/05/2017).

Hal tersebut disampaikan Pangdam saat menghadiri acara silaturahmi TNI-Polri dalam rangka meningkatkan soliditas Polri dan TNI untuk mengantisipasi radikalisme, premanisme, serta menjaga Kebhinekaan guna keutuhan NKRI di Mapolda Kepri, Batam.

"Pertumbuhan penduduk dunia yang pesat, membuat semua negara berlomba-lomba memperoleh sumber daya untuk kehidupan," ujar Cucu.

Dia mengatakan, pada 2015 jumlah penduduk dunia mencapai sekitar delapan miliar, setiap tahun pertumbuhannya semakin besar dan pada 2045 diperkirakan mencapai 12 miliar.

Cucu mengatakan, saat ini banyak pihak yang ingin memanfaatkan TNI dan Polri selaku tonggak utama untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), demi kepentingan politik dan bisnis tertentu.

"TNI-Polri masih kekuatan utama bangsa ini. Sehingga banyak pihak yang ingin menghancurkan dan mengadudombakan antara dua lembaga ini untuk menghancurkan keutuhan NKRI. Baik dari sisi politik maupun bisnis," terang Cucu.

Untuk itu, ia meminta seluruh anggota TNI dan Polri untuk meningkatkan sinergitas, solidaritas, sehingga tidak mudah diadu domba pihak tertentu dengan tujuan menghancurkan NKRI.

"Jadi harus dipahami bersama, karena TNI-Polri masih sangat diharapkan dalam mengawal NKRI. Tidak ada kata lain, selain meningkatkan sinergitas antar lembaga, meskipun saat ini sudah terjalin baik," papar Cucu kembali.

Dijelaskannya, salah satu bentuk sinergitas tersebut adalah dapat ditunjukkan pada saat antar kesatuan atau antar lembaga ada kegiatan dan melibatkan pihak lain.

Dalam kesempatan yang sama, Kapolda Kepri Irjen Pol Sam Budigusdian, meminta seluruh kepala kesatuan mensosialisasikan sinergitas, demi menjaga Kebhinekaan dan NKRI dengan benar, agar tidak terjadi perselisihan.

"Sinergitas TNI-Polri saat ini sudah sangat baik. Meskipun demikian harus terus ditingkatkan mengingat tantangan semakin besar," kata dia.

Kapolda meminta seluruh kepala kesatuan agar memberikan pemahaman lebih, mengenai pentingnya menjaga NKRI dan Kebhinekaan. Sehingga tidak mudah diadu domba dengan pihak-pihak lain yang tidak ingin negara ini utuh.

Editor: Udin