Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Buntut Kaburnya 200 Tahanan Pekanbaru, Ini Perintah Kapolda Kepri
Oleh : Hadli
Sabtu | 06-05-2017 | 08:12 WIB
kapolda-sam-budi-non-dinas.jpg Honda-Batam

BATAMTODAY.COM, Batam - Kapolda Kepri Irjen Sam Budigusdian memerintahkan setiap Kapolres jajaran Polda Kepri untuk berkoordinasi dengan Kepala Rutan di wilayah masing-masing agar menambah kekuatan.

BATAMTODAY.COM, Batam - Kapolda Kepri Irjen Sam Budigusdian memerintahkan setiap Kapolres jajaran Polda Kepri untuk berkoordinasi dengan Kepala Rutan di wilayah masing-masing agar menambah kekuatan.

Hal itu disampaikan Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol S Erlangga atas perintah Kapolda menyusul kaburnya ratusan tahanan dari Rumah Tahanan Sialang Bungkuk Kelas II B Pekanbaru, Jumat (5/5/2017) kemarin.

"Perintah Kapolda, para Kapolres untuk segera koordinasikan dengan para Kepala Rutan diwilayah masing-masing, untuk penambahan perkuatan penjagaan di Rutan sebagai antisipasi agar tidak terjadi di Rutan-rutan Kepri," ujar Erlangga kepada BATAMTODAY.COM, Jumat (05/05/2017) malam.

Selain itu, perintah Kapolda adalah seluruh Kapolres untuk meningkatkan kegiatan penjagaan, Patroli dan pemeriksaan (Razia) dipelabuhan udara dan laut diprioritaskan pada daerah-daerah perbatasan. "Dan membantu pencarian khususnya bila berada di wilayah Kepri," tegasnya.

Kepada masyarakat juga dihimbaukan untuk menginformasikan kepada pihak kepolisian bila ada menemukan orang atau kelompok yang mencutigakan.

Baca: 200 Tahanan Rutan Sialang Bungkuk Kabur, Pintu Masuk Batam Dijaga Ketat

"Kepada masyarakat, bila menemukan atau menjumpai seseorang asing yang mencurigakan dan atau patut untuk di curigai, agar melaporkan k epafa Kepolisian terdekat, Polres, Polsek dan Para Bhabinkamtibmas," tambahnya.

Sebelumnya, Imbas dari kaburnya ratusan tahanan dari Rumah Tahanan Sialang Bungkuk Kelas II B Pekanbaru, Jumat (5/5/2017) sejumlah akses pintu keluar masuk ke Pulau Batam dan daerah lain dijaga ketat.

Hal itu dilakukan karena dikhawatirkan adanya indikasi para tahanan melarikan diri ke Batam. Bahkan, pantauan BATAMTODAY.COM di lapangan, aparat kepolisian dari Polda Kepri juga melakukan giat memeriksa lokasi yang terindikasi bisa dijadikan tempat persembunyian.

Saat ini, personil dari Polda Kepri tampak berkeliling di seputaran Jodoh dan Nagoya Batam. Kuat dugaan, hal itu dilakukan untuk merazia apakah ada tahanan yang kabur ke Batam. Namun, beberapa sumber di kepolisian yang dihibungi BATAMTODAY.COM belum memberikan keterangan lebih lanjut.

Seperti diketahui, lebih dari 200 tahanan kabur dari Rumah Tahanan Sialang Bungkuk Kelas II B, Kota Pekanbaru, Jumat (5/5/2017). Jajaran Kepolisian Daerah Riau mengklaim sudah berhasil mengamankan sekitar 70 tahanan

"Sudah diamankan sekitar 70 orang dari 200 lebih yang kabur," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Riau, Kombes Pol Guntur Aryo Tejo di Pekanbaru, Jumat.

Dia mengatakan kaburnya tahanan itu akibat akumulasi kekecewaan yang telah disampaikan dengan unjuk rasa. Akhirnya tahanan teriak-teriak keluar lalu dari kamar 2 B hingga mendobrak salah satu pintunya.

Editor: Dardani