Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ini Alasan Kenapa Tidak Boleh Membeli Ban Murahan
Oleh : Redaksi
Kamis | 04-05-2017 | 14:14 WIB
ban-baru.jpg Honda-Batam

Ban sa;ah satu komponen yang penting pada mobil. (Foto: Otosia.com)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Ban merupakan salah satu komponen yang sangat penting pada mobil. Tanpanya, mobil tidak akan berjalan dengan mulus. Sudah banyak produsen-produsen ban di dunia, mulai dengan yang kisaran harganya murah hingga yang sangat mahal.

 

Walau pun untuk membuat mobil berjalan, tetapi ban bisa juga menambah atau bahkan mengurangi peforma mobil Anda. Seperti yang dikutip dari musclecarszone.com, perbedaan harga ternyata berpengaruh dengan kualitas mobil. Semakin murah ban mobil, kualitas ban sangatlah rendah, sedangkan semakin mahal, maka semakin bagus juga kualitasnya.

Pria ini akan mengganti ban Honda S2000 miliknya dengan ban yang baru. Alasannya adalah karena ban yang digunakan adalah ban dari manufaktur mobil yang biasanya di pasaran dibanderol dengan harga yang murah.

Dia mulai melakukan tes pengereman dengan kedua ban, yaitu Fuzion HRI/VRI ban dari manufaktur kendaraan dan Bridgestone RE-71 R dari produsen ban ternama. Keduanya dites dan hasilnya pun sangat mengejutkan.

Dalam kecepatan yang tinggi, mobil dengan ban Bridgestone yang dibanderol agak mahal itu mampu berhenti dalam waktu 2,84 detik pada putaran pertama. Jika dibandingkan dengan Fuzion, mobil tersebut dapat berhenti dengan waktu yang cukup lama. Hingga putaran kedua dan ketiga, Bridgestone pun mampu menghentikan kendaraan dengan waktu yang singkat.

Perbedaan yang jauh bisa terlihat saat melakukan pengereman dengan kedua ban tersebut. Fuzion semakin lama, waktu yang diperlukan untuk berhenti akan semakin lama juga. Sedangkan, Bridgestone mampu merendahkan kecepatan mobil, meskipun digunakan berkali-kali.

Jadi, bisa ditarik kesimpulan bahwa ban dengan harga yang murah tidak hanya menurunkan peforma mobil tetapi juga berisiko pada keamanan Anda, terutama saat dalam keadaan genting, Anda harus berhenti dan memerlukan waktu berhenti yang singkat. Setidaknya masukan investasi sedikit untuk ban dengan harga yang mahal dan kualitas yang tinggi untuk Anda dan peforma mobil Anda.

Sumber: Otosia.com
Editor: Yudha