Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

DPD RI Dorong Pelaku KUBE Hasilkan Produk Unggulan agar Tembus Pasar Modern
Oleh : Irawan
Selasa | 02-05-2017 | 13:50 WIB
Haripinto2.jpg Honda-Batam

Anggota Komite IV DPD RI Haripinto Tanuwidjaja, Senator asal Provinsi Kepulauan Riau

BATAMTODAY.COM, Jakarta - DPD RI daerah pemilihan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) mendorong pelaku Kelompok Usaha Bersama (KUBE) di Kelurahan Tanjung Unggat, Tanjungpinang untuk menghasilkan produk-produk unggulan yang bisa menembus pasar modern.

Hal itu disampaikan Anggota Komite IV DPD RI Haripinto di Jakarta, Selasa (2/5/2017). "DPD RI Mendorong pelaku KUBE di Tanjung Unggat, Tanjung Pinang, untuk menghasilkan produk-produk unggulan yang bisa menembus pasar modern," kata Haripinto.

Jika sudah ada produk-produk unggulan, kata Haripinto, maka pemerintah dapat promosikan produk tersebut, termasuk memberikan bantuan permodalan untuk meningkatkan kapasitas produksi dan nilai produk sendiri.

"Sehingga pemerintah dapat ikut mempromosikan produk tersebut serta memberikan bantuan modal yang lebih agar program KUBE tersebut dapat berjalan dengan baik," katanya.

Selama ini produk KUBE di Kota Tanjungpinang bermacam-macam. Namun belum terfokus kepada sebuah produk yang menjadi andalan bagi Kota Tanjungpinang.

Karena itu, lanjutnya, pemerintah harus mendorong pelaku KUBE menghasilkan produk-produk unggulan yang bisa menembus pasar modern. Sehingga pemerintah bisa ikut memperomosikan produk tersebut.

Menurut Haripinto, sebagai bentuk dukungan kepada pelaku KUBE di Tanjung Unggat, Tanjungpinang, pemerintah dapat memberkan bantuan jaring bagi nelayan.

"Pemerintah agar dapat memberikan bantuan jaring bagi para nelayan di Tanjung Unggat, Tanjung Pinang," katanya.

Senator asal Provinsi Kepri ini menambahkan, pemerintah memberikan dukungan terhadap peningkatan produktif UMKM seperti KUBE Tanjung Unggat agar bisa meningkatkan daya saing.

"Mengharapkan agar pemerintah dapat memberikan dan meningkatkan dukungan terhadap peningkatan produktivitas UMKM serta melakukan pembinaan dan pelatihan terhadap pelaku koperasi dan UMKM untuk meningkatkan daya saing mereka," katanya.

Editor: Surya