Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kawula Muda Batam Mulai Gandrungi Fixie Bike
Oleh : Ali/Dodo
Sabtu | 29-10-2011 | 17:21 WIB
fixie.gif Honda-Batam

Komunitas Fixie Bike di Batam. Demam Fixie Bike mulai merambah kota industri ini. (Foto: Ali)

BATAM, batamtoday - Kalangan pencinta sepeda jenis Fixie Bike di Batam kian hari semakin menjamur. Rata-rata penguna maupun pencinta sepeda santai ini dari kalangan kawula muda pria dan wanita. 

 

Tren sepeda fixie ini sudah dapat dilihat di sore hari dan malam hari, terlebih pada pagi hari di Alun-alun Engku Putri, Batam Center maupun berbagai tempat tongkrongan anak muda lainnya.

Awalnya Fixie Bike ini digunakan oleh para Kurir, pengantar surat atau koran di New York, Amerika Serikat. Lalu lintas New York yang sangat padat serta lead time delivery yang sangat ketat menuntut mereka menggunakan kendaraan alternatif yang ringkas, cepat, ringan dalam mengarungi kemacetan lalu lintas.

Hingga saat ini Fixie Bike telah menjamur di Batam dan tanah air pada umumnya . Seperti halnya kawula muda dari komplek Sungai Panas, Kampung Melayu, Kecamatan Kota Batam yang mulai melirik Fixie sejak tahun 2010 lalu.

Dari satu sepeda dimiliki anak muda lingkungan komplek tersebut hingga saat ini dimiliki oleh 20 orang sepeda Fixie dari berbagai merk dan variasi warna yang cemerlang serta enak untuk dipandang.

Seperti halnya Denny M Febrio atau biasa di sapa si Boy. Kecintaannya kepada sepeda Fixie hingga saat ini memiliki dua unit sepeda Rilcyle (merah) dan Bridgestone (hitam) yang biasa digunakannya untuk berolah raga. Seperti umumnya di kota-kota lain Fixei juga digunakan untuk aktifitas bekerja.

"Ya untuk olah raga aja, santai-santai bersama teman-teman Komplek," ujar Boy, anak tempatan Batam ini bersama temannya Kiki dengan sepeda Simano dan Anto dengan Motion craft di Batam Center.

Menurut Boy enaknya menggunkan sepeda Fixie ketimbang sepeda lainnya dikarenakan sepeda unik ini mirip dengan sepeda balap, hanya saja sepeda yang memakai Fixed Gear atau gir mati, yang berarti pedal sepeda terus berputar seiring sepeda meluncur. Untuk pengereman dengan jalan melakukan putaran ke belakang pada pedal Fixie Bike. 

Tipe gear seperti ini dikenal dengan nama “door trape” atau dulu kerap disebut “dultrap”. Untuk pemula yang menggunakan Fixi bike, biasanya disertakan Rem depan untuk membantu pengereman.

"Frame Fixie Bike mirip sepeda balap. Frame sepeda balap dipilih karena bobotnya yang ringan, dan banyak frame sepeda balap berbahan aluminium yang ringan, hal cocok untuk fixie bike," ujar Boy yang disertai Kiki dan Anto dengan "I Love Fixie".

Lebih jauh dikatakan Boy dan rekan-rekannya itu, bahwa sepeda Fixie Bike dengan ciri-cri yang sempurna seperti semua dibuat Fix. Dimana, roda berputar maka pedal juga ikut berputar. Ban yang ringan dan tipis, Handle Bar tegak lurus dengan design minimalis.

Dengan Bobot yang ringan, ban tipis, serta handle bar pendek, membuatnya sangat mudah untuk bermanuver di kepadatan lalulintas. Ditambah kemampuannya untuk bisa maju-mundur mengandalkan Fixed Gear.

Hanya saja untk menggukan sepad yang satu ini perlu berhati-hati, kondisi jalan yang buruk membuat fixie bike yang ber-ban tipis, serta tidak memiliki peredam kejut ini kurang nyaman dikendarai di jalan-jalan yang berlubang yang akan menyebabkan ban mudah pecah.

"Kalau kelihatan dari jauh jalan berlubang, secepatnya kita hindari jalan itu, lebih baik memilih alternatif jalan lain," terangnya.