Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Buruh Bintan Peringati May Day 2017 di Simpang Lagoi dan Kantor Bupati
Oleh : Harjo
Sabtu | 29-04-2017 | 11:31 WIB
may-day.gif Honda-Batam

Ilustrasi demo buruh saat peringatan May Day. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - Simpang Lagoi, Kecamatan Teluksebong dan kantor Bupati Bintan menjadi tempat memperingati hari buruh se-Dunia, May Day 2017 di Kabupaten Bintan. Di dua tempat berbeda itu, para buruh akan melakukan kegiatan, seperti penyampaian aspirasi dan lainnya.

 

Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSPTK) Bintan, Hasfarizal Handra menyampaikan, peringatan May Day di simpang Lagoi akan di isi dengan acara orasi dan bakti sosial serta sosialisasi menangkal paham radikalisme.

"Kegiatan ini akan diikuti oleh Serikat Buruh FKUI SBSI Bintan, SPSI Reformasi, SPSI-Lem dan SPSI Pariwisata," ungkap Hasfarizal Handra, Sabtu (29/4/2017).

Sementara untuk kegiatan yang dilaksanakan di kantor Bupati Bintan, yang akan dilakukan oleh Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) akan melakukan dialog dengan Bupati Bintan.

"Perinsipnya kita dari Dinas siap memfasilitasi seluruh kegiatan positif yang akan digelar oleh para buruh dan pekerja di Bintan. Karena hal tersebut untuk kemajuan bersama baik buruh dan pekerja serta perkembangan daerah," katanya.

Ketua SPSI Reformasi Bintan, Darsono, selaku Ketua penyelenggara peringatan May Day di Bintan menjelaskan, serikat pekerja/buruh di Kabupaten Bintan sudah sepakat, untuk memusatkan kegiatan di simpang Lagoi.

Kegiatan yang dilaksanakan di simpang Lagoi, antara lain aksi penanaman pohon, donor darah, ceramah atau orasi tentang antisipasi paham radikalisme serta hiburan dan gotong royong. Dalam orasi nanti, pihak Kepolisian akan memaparkan antisipasi paham radikalisme terhadap kaum buruh.

Sedangkan dari serikat pekerja, akan menyampaikan tentang dukungan terhadap kebijakan pemerintah dalam mengembangkan invetasi daerah.

"Dalam hal ini, kami meminta agar investasi asing yang ada di Bintan, tetap mengacu kepada aturan yang berlaku di Indonesia. Sehingga, investasi daerah dan kenyamanan para pekerja tetap terjaga," katanya.

"Di momen May Day ini, buruh diajak untuk antisipasi paham radikalisme. Kami juga menyerukan agar kaum buruh membuat kegiatan positif, saat liburan nasional 1 Mei," kata dia.

Editor: Gokli