Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tim Saber Pungli Awasi Semua Pelayanan Publik di Bintan
Oleh : CR-13
Jum'at | 28-04-2017 | 09:18 WIB
pel-01.gif Honda-Batam

Aktivitas di pelabuhan Tanjunguban. (Foto: Syajarul)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Sektor pelayanan publik yang ada di Kabupaten Bintan jadi fokus utama pengawasan Tim Saber Pungli, pasca operasi tangkap tangan (OTT) yang terjadi di SMKN 1 Bintan Timur.

 

Tak hanya itu, tempat pelayan publik lainnya yang tegah dimonitir Tim Saber Pungli Bintan, yakni pelabuhan Tanjunguban. Pasalnya, pelabuhan itu berdekatan dengan pelabuhan di Telaga Punggur Batam, yang baru-baru ini juga dilakukan OTT oleh Tim Polresta Barelang terhadap pegawasi ASDP.

Mengingat Keberadaan Pelabuhan Punggur tidak begitu jauh dengan Pelabuhan di Tanjunguban. Untuk itu Tim Saber Pungli Kabupaten Bintan pun menjadikan pelabuhan di Kabupaten Bintan menjadi salah satu wilayah pelayanan publik yang mesti dilakukan pengawasan yang melekat, agar Bintan benar-benar bersih dari aktifitas pungli.

"Di Bintan juga masih banyak pelabuhan publik, yang mesti diawasi ketat, agar terhindar dari aktivitas pungli, yang dilakukan oleh oknum-oknum nakal," ujar Wakil Ketua Tim saber Pungli Kabupaten Bintan, Andi Arief saat dikonfirmasi melalui telpon, Kamis (27/4/2017).

Menurut Arif yang juga menjabat sebagai Kepala Seksi (Kasi) Intelijen Kejaksaan Tanjungpinang ini tidak menutup kemungkinan, modus yang sama apa yang terjadi di pelabuhan Punggur Batam juga bisa terjadi di pelabuhan yang ada di Kabupaten Bintan, atau modus dengan cara yang lain dipelabuhan-pelabuhan publik di Bintan, apalagi lokasi pelabuhannya sangat berdekatan, dan saling berhubungan, makanya perlu diawasi.

"Namun, sebelum melakukan penindakan tegas atau OTT, kita selalu menggalakkan sosialiassi di area pelayanan publik yang ada di Bintan termasuk di wilayah sektor pelabuhan yang ada di Bintan," tutur Arif.

Selain mekakukan sosialisi ke kantor-kantor, kata Arif pihaknya juga akan memasang sapanduk sebagi himbaun terhadap pelayanan publik. Namun, jika sosialisasi yang sudah dilakukan tidak juga digubris oleh oknum-oknum nakal, maka pihaknya sebagai Tim Saber Pungli di Bintan akan melakukan tidakan tegas kepada para pelaku pungli di area pelayanan publik tersebut.

Editor: Gokli