Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ini Cara Memasak Kembang Kol Lunak yang Menyehatkan
Oleh : Redaksi
Senin | 24-04-2017 | 12:14 WIB
kembang_kol.jpeg Honda-Batam

Kembang kol. (Foto: Ragam Budidaya)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Sebagian orang memilih kentang yang dihaluskan lunak atau mashed potato sebagai pengganti nasi. Selain kentang, Anda juga bisa memilih kembang kol lunak sebagai alternatif lainnya.

Kembang kol halus memiliki kandungan karbohidrat yang lebih sedikit ketimbang kentang halus atau hanya seperempat kalori mashed potato. Mengutip laman Eatingwell, kembang kol ini cocok jika dicampur dengan bawang putih dan mentega. Cita rasanya akan lebih gurih apabila ditambah keju parut, rempah atau cabai merah.

Ada satu catatan sebelum menghaluskan dan mengolah kembang kol, yakni jangan menggunakan blender untuk menghancurkannya. Lebih baik rebus atau kukus kembang kol sampai lunak lalu dihaluskan. Setelah itu masukkan berbagai bahan tambahan kemudian cicipi rasanya sesuai selera.

Untuk memperkuat rasa, Anda bisa memanggang kembang kol yang sudah lumat beserta bahan tambahan di dalam oven selama 20 menit. Berikut ini bahan dan cara membuat kembang kol lumat.

Bahan:
- 1 bonggol kembang kol ukuran sedang, potong kecil
- 4 siung bawang putih, haluskan
- 75 gram mentega
Jika tak ada, bisa diganti dengan susu asam yang terbuat dari 1 sendok makan air jeruk nipis atau cuka dan 240 mililiter susu.
- 4 sendok teh minyak zaitun
- ½ sendok teh garam
- Lada secukupnya
- Daun bawang secukupnya untuk hiasan

Cara membuat:
- Kukus kembang kol dan bawang putih hingga lunak, sekitar 12-15 menit
- Haluskan kembang kol dan bawang putih ke dalam food processor.
- Masukkan mentega, 2 sendok teh minyak zaitun, garam, dan merica ke dalam kembang kol dan bawang putih yang telah lumat. Haluskan sampai merata.
- Tuangkan adonan ke dalam mangkuk saji.
- Tambahkan sisa 2 sendok teh minyak zaitun, aduk rata.
- Hiasi dengan daun bawang.
- Sajikan selagi panas.

Sumber: Tempo.co
Editor: Yudha