Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Distributor Sembako Karimun Keluhkan Soal Ini ke Pemkab
Oleh : Redaksi
Minggu | 23-04-2017 | 10:30 WIB
23-April-2017.gif Honda-Batam
ilustrasi

BATAMTODAY.COM, Karimun – Distributor mengeluhkan perihal angkutan sembako dalam rapat koordinasi bersama Pemkab Karimun. Beberapa hal yang diungkapkan distributor kepada Bupati Karimun, Aunur Rafiq diantaranya adalah tingginya ongkos angkut kapal.

Untuk pengangkutan sembako menggunakan kapal penumpang Rafiq akan berkoordinasi dengan Insa (Indonesian National Ship Association) Karimun. Orang nomor satu di kabupaten berjuluk Bumi Berazam itu meminta agar pihak kapal memiliki standar mengenai ongkos barang, terutama sembako.

"Ini barang-barang yang tidak melalui kapal kargo tapi melalui kapal fery. Hendaknya memiliki standar ongkos dan jangan sesuka hati. Contohnya satu paket atau satu dus atau satu karung harganya berapa, tapi jangan tinggi. Kita akan coba koordinasi dengan Insa mengenai ongkos kapal," kata Rafiq saat dijumpai tribun di rumah dinasnya usai rapat bersama distributor sembako beberapa hari lalu.

Beberapa komoditi khusus, terutama dari Kota Batam, memang diangkut oleh distributor menggunakan kapal penumpang.

Jadi berdasarkan laporan dari distributor tersebut, diketahui pihak kapal penumpang meletakan ongkos yang cukup tinggi terhadap barang. Dengan tingginya ongkos angkutan, maka otomatis harga barang juga akan menjadi tinggi.

"Jadinya yang akan diberatkan nanti adalah konsumen juga," ujar Rafiq.

Sumber: Tribunnews.com
Editor: Udin