Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Agar Pengangguran Tidak Terus Meningkat

Pemerintah Harus Beri Solusi dan Inovasi, Ciptakan Peluang Kerja di Bintan
Oleh : Harjo
Kamis | 20-04-2017 | 17:50 WIB
Indra-Setiawan-2042017-400x192.gif Honda-Batam

Indra Setiawan, Ketua DPC PDIP Kabupaten Bintan (Foto: Harjo)

BATAMTODAY.COM, Tanjunnguban - Terkait kondisi sejumlah perusahaan, khususnya di Kawasan Industri Bintan (KIB) Lobam dan umumnya di Bintan, peran serta pemerintah sangat penting dan harus ditingkatkan, dalam menjaga stabilitas iklim usaha atau investasi yang sudah ada. 

Karena investasi yang ada di Bintan khususnya kawasan industri saat ini sangat menurun, pasca krisis ekonomi global, sehingga dampaknya sangat terasa. Di mana sejumlah perusahaan asing yang ada seperti di Lobam, sudah puluhan jumlahnya yang tutup dan henkang dengan mengalihkan investasinya ke negara lain.

"Dengan kondisi investasi yang semakin lesu pada saat ini, sebaiknya pemerintah cepat turun tangan. Mendengarkan langsung, apa sebenarnya penyebab utamanya yang membuat kawasan industri melesu dan terus berkurang. Mengingat untuk kawasan pariwisata justru terjadi sebaliknya," ujar Indra Setiawan, mantan anggota DPRD Bintan kepada BATAMTODAY.COM di Tanjunguban, Kamis (20/4/2017).

Menurutnya, antara pengelola kawasan dan pemerintah daerah harus duduk bersama mencari solusinya. Minimal bisa mempertahankan investasi yang sudah ada, sebab akhir-akhir ini semaikin menurun.

"Jangan sampai yang ada saja justru tidak bisa dipertahankan. Karena semua berharap keberadaan kawasan industri bisa bangkit dan kembali berkembang. Agar bisa memberikan dampak yang lebih baik terhadap perekonomian warga yang ada disekitarnya," harapnya.

Indra Setiawan, Ketua DPC PDIP Kabupaten Bintan (Foto: Harjo)

Tidak hanya itu, Ketua DPC PDIP Bintan yang akrab dipanggil Een ini juga menyampaikan, pemerintah juga  jangan hanya terfokus dengan investasi dari investor mancanegara. Namun kepentingan dan kebutuhan investasi lokal juga harus difasilitasi.

"Tunjukkan komitmen, bahwa memang Badan Pengusahaan (BP)  Bintan serius memberikan fasilitas serta kemudahan tanpa embel-embel apa pun.  Agar ada alternatif pembangunan yang berjalan di luar dari pembangunan melalui APBD," tambahnya.

Karena menurut Een, hingga saat ini, banyaknya masukan dari berbagai kalangan terutama kalangan pekerja, semakin sulitnya mendapatkan pekerjaan. Artinya, dengan semakin sulitnya mencari pekerjaan, maka otomatis memenuhi kebutuhan keluarganya juga semakin sulit terpenuhi.

"Harapan masyarakat, pemerintah dapat melahirkan sebuah solusi dan inovasi, agar jumlah pengaguran tidak terus bertambah. Karena kalau pengangguran meningkat, secara otomatis tingkat kriminalitas juga akan semakin meningkat," pungkasnya.  

Editor: Udin