Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Rumah Sakit Krisis Darah, PAN Tanjungpinang Adakan Donor Darah
Oleh : Habibie Khasim
Rabu | 19-04-2017 | 19:02 WIB
PAN-Donor-darah-400x192.gif Honda-Batam

PAN Kota Tanjungpinang melaksanakan kegiatan donor darah dengan target sebanyak 80 kantong darah, Rabu (19/4/2017) di Rumah PAN, Jalan Basuki Rahmat, Tanjungpinang. (Foto: Habibie Khasim)

BATAMTODAY.COM, Pinang Kota - Krisis akan darah memang sering dialami oleh Rumah Sakit di Tanjungpinang. Melihat pasien kelimpungan mencari teman sejawat agar dapat mendonorkan darah, adalah kegiatan yang biasa sekali terjadi. Itu dikarenakan seringnya PMI di Rumah Sakit kehabisan stok darah. 

Melihat hal tersebut, Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Tanjungpinang, melaksanakan kegiatan donor darah dengan target sebanyak 80 kantong darah, Rabu (19/4/2017) di Rumah PAN, Jalan Basuki Rahmat, Tanjungpinang.

Ketua DPD PAN Kota Tanjungpinang, Dharma Setiyawan mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan  berdasarkan rasa kepedulian terhadap pasien yang sangat membutuhkan darah di Kota Tanjungpinang.

Dharma menjelaskan, bahwa kegiatan donor darah tersebut diadakan karena seringnya mendapat keluhan dan melihat langsung di Rumah Sakit, di mana keluarga pasien mendapatkan darah pada saat jam-jam malam di RSUD, RSAL dan RSUP.

Hal ini juga sering membuat pasien lambat tertolong dan bahkan bisa berimbas kepada kematian, jika memang sudah terlalu parah.

"Karena itu, meskipun target hanya 80 kantong dan memang kegiatan ini tidak kita lakukan setiap hari. Tapi kita harapkan bisa melepaskan kebutuhan Rumah sakit dalam seminggu ke depan," tutur Dharma.

Kalau dilihat dari yang mendaftar atau yang datang hari ini, katanya, kemungkinan besar akan melebihi dari target. Tetapi, semua tergantung dari tim dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tanjungpinang.

"Jika mereka sanggup, kita akan mengumpulkan sebanyak-banyaknya untuk membantu pasien yang membutuhkan," tutupnya.

Editor: Udin