Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

IU Gugat YouTuber Atas Tuduhan Fitnah dan Pelecahan Seksual
Oleh : Redaksi
Jum'at | 14-04-2017 | 09:26 WIB
iukorsel.jpg Honda-Batam

Merasa dilecehkan akibat komentar bernada seksual dari seorang YouTuber, IU melalui agensinya melayangkan gugatan resmi kepada pria tersebut. (Foto: Twitter/MoonLight_iu)

BATAMTODAY.COM, Seoul - Penyanyi asal Korea Selatan IU menempuh jalur hukum untuk menghadapi seorang YouTuber. Pengguna YouTube berinisial A itu diduga memberikan komentar yang bermuatan seksual tentang IU saat melakukan siaran langsung di YouTube.

Melansir Soompi, dalam siaran langsung itu, A merespons warganet atau netizen yang menanyakan apakah dia lebih menyukai anjing atau IU.

"Tentu saja saya suka IU. Kenapa? Karena binatang tidak bisa memberi saya kepuasan seksual, tapi IU bisa. Karena hidup adalah seks. Jadi kamu bisa mengerti kalau kamu adalah laki-laki. Itu kehidupan," kata A menjawab pertanyaan itu.

Mendengar jawaban A, para penonton siaran itu memperingatkan A bahwa dia bisa tersangkut kasus karena ucapannya itu. Tak bergeming, A malah menanggapi komentar tersebut.

"Jika IU menggugat saya, itu merupakan sebuah penghargaan. Jadi saya bisa bertemu dengan IU di pengadilan. Jika saya bilang saya adalah penggemarnya, dia akan membiarkan saya," tutur A.

Menurut A, jika dia bertemu langsung dengan IU, mereka akan saling berbicara dan penyanyi bernama asli Lee Ji Eun itu akan memaafkannya.

Ucapan A membuat agensi IU, Fave Entertainment, mengajukan gugatan resmi dan menyatakan bahwa fitnah tak boleh diabaikan. Mereka juga menyebut tak bakal ada keringanan hukuman itu pelecehan seksual itu.

Gugatan itu membuat A kembali merilis sebuah video yang menjelaskan ucapannya ketika itu sepenuhnya adalah lelucon. Dia menilai media terlalu membesar-besarkan candaan itu.

"Orang yang melihat video saya pasti tahu ini, saya mengucapkan banyak komentar seksual dan membuat banyak lelucon dari situ," kata A.

Dia mengaku benar-benar menyukai IU dan oleh karena itu muncul pertanyaan mana yang lebih ia sukai, pelantun Through The Night itu atau anjing.

"Orang yang melihat siaran-siaran saya akan tertawa dan berlalu, karena tak ada arti sebenarnya dalam apa yang saya katakan. Itu semua karena saya suka IU. Foto IU bahkan sudah jadi latar di ponsel saya sejak enam tahun lalu," ucap A.

A pun mengakhiri videonya dengan mengucapkan permintaan maaf dan mengakui bahwa itu semua adalah kesalahannya. Video dugaan pelecehan seksual itu kini juga sudah dihapusnya.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Dardani