Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

DPRD Lingga Nilai Pemindahan Kantor DKP ke Senayang Sudah Tepat
Oleh : Bayu Yiyandi
Jum'at | 07-04-2017 | 19:38 WIB
Riono-400x192.gif Honda-Batam

Ketua DPRD Lingga, Riono (Foto: dok.batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Daiklingga - Ketua DPRD Lingga, Riono, menilai bahwa kebijakan Bupati Lingga Alias Wello memindahkan kantor Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) ke Kecamatan Senayang pada Senin (3/04/2017) lalu, sangat tepat dilakukan.

Hal itu dinilainya karena melihat Senayang yang merupakan wilayah kemaritiman terbesar di Kabupaten Lingga, sudah dan sememang mungkin harus ada suatu pelayanan sentral dalam mengoptimalkan hasil laut yang dimiliki.

"Saya menilai kebijakan Bupati Lingga itu sangat tepat sekali, karena dia bisa melihat di mana suatu pendapatan yang terpusat untuk daerah yang harus dimaksimalkan lagi. Seperti Dinas Pendapatan yang sebelumnya dipindahkan ke Dabo Singkep. Mungkin dia melihat di sana sektor pendapatan lebih besar dan akan optimal bila dinas langsung ke sana. Kita OK saja," kata Riono kepada BATAMTODAY.COM, Jumat (7/04/2017).

Terkait apakah dengan pemindahan itu maka pelayanan hasil laut yang dimiliki Lingga bisa lebih efektif dan efesien dalam membantu kesejahteraan masyarakat ataupun daerah, Riono menjelaskan hal itu belum bisa diukurkannya secara singkat karena pemindahan baru saja dilakukan.

"Memang sebelumnya DKP ini sangat lemah sekali, terutamanya pendataan akan hasil laut. Cuman apakah efektif serta efesien dengan lokasi kantor yang baru, saya belum bisa mengukurnya," ungkap Riono

Namun di samping itu, dirinya berharap dengan adanya pemindahan tersebut, pemerintah daerah ataupun dinas terkait bisa lebih agresif lagi dalam bekerja. Karena sesuai dengan visi bagaimana menjadikan Lingga pusat sumber daya kelautan bisa tercapai untuk ke depannya.

"Kebijakan Pak Bupati itu bagus, sesuai dengan visinya. Tinggal lagi bagaimana kita mencapai tujuan itu. Bahwa Senayang adalah wilayah maritim. Untuk itu saya harapkan bise lebih lah dari kerja sebelumnya," ujar Riono

Apalagi Lingga yang sedikitnya memiliki 496 pulau dan selebihnya adalah perairan laut dengan potensi perikanan yang cukup dibilang melimpah, ini harus diperhatikan serius oleh pemerintah setempat.

"Saya dukunglah kebijakan Pak Bupati yang ingin bekerja sama dengan Pemkab Bintan dalam hal peningkatan ekonomi di sektor perikanan," kata Riono lagi.

Editor: Udin