Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

MPR Tunggu Usulan DPD untuk Gantikan OSO
Oleh : Irawan
Kamis | 06-04-2017 | 08:38 WIB
OSO-DPD.jpg Honda-Batam

Wakil Ketua MA saat melantik Pimpinan DPD yang dipimpin OSO. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Ketua MPR Zulkifli Hasan menyerahkan sepenuhnya mengenai posisi Oesman Sapta Odang (OSO) sebagai Pimpinan MPR kepada DPD. Pasalnya, Oesman juga terpilih sebagai Ketua DPD.

 

Zulkifli menyatakan, hal itu merupakan wewenang DPD sepenuhnya sebab Oesman Sapta merupakan Wakil Ketua MPR yang mewakili DPD.

"Jadi, soal posisi Pak Oesman Sapta di MPR, saya serahkan ke DPD karena itu kewenangan penuh DPD," kata Zulkifli usai memimpin Rapat Pimpinan (Rapim) MPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (5/4/2017).

Karena itu, ia menyerahkan kepada proses internal di DPD untuk menentukan sikap terkait kepastian posisi Oesman Sapta, apakah harus diganti atau tetap menjabat posisi tersebut.

Zulkifli mengatakan, MPR dalam hal ini hanya menunggu dan menerima sepenuhnya keputusan DPD ihwal posisi Oesman Sapta di MPR. OSO sendiri mengatakan, akan mengadakan Rapat Pimpinan DPD membahas pergantian Pimpinan MPR dari unsur DPD.

"Setelah rapim nanti diadakan paripurna untuk memilih wakil ketua MPR. Saya terpilih sebagai wakil ketua MPR, ketua DPD melalui paripurna. Pengganti saya juga diputuskan di paripurna," kata OSO.

OSO mengatakan, 130 anggota DPD memiliki peluang untuk menggantikan dirinya sebagai wakil ketua MPR. "Jadi tidak hanya Pak Saleh (Mohammad Saleh) atau Pak Muqowam (Ahmad Muqowam) saja, tapi 130 anggota lainnya juga berpeluang," katanya.

OSO yang juga Ketua Umum Partai Hanura ini tidak mempersoalkan penolakan dari GKR Hemas dan Farouk Muhammad yang masih menggangap dirinya sebagai Pimpinan DPD. "Sudah tak usah ditanggapi, biarin saja. Nanti selesai dengan sendirinya. Biarkan saja, terserah dia," katanya.

Pada kesempatan itu, Pimpinan MPR mengucapkan selamat kepada OSO yang terpilih sebagai Ketua DPD RI. Zulkifli Hasan mengatakan, MPR tidak akan mencampuri dinamika di DPD.

"Kita tadi sudah ucapkan selamat kepada Pak Oesman Sapta yang sudah terpilih sebagai Ketua DPD dan telah dilantik oleh Mahkamah Agung," ujar Zulkifli.

Editor: Dardani