Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kapolresta Barelang Hengki Terapkan 4 Komitmen Moral pada Anggotanya
Oleh : Romi Chandra
Senin | 03-04-2017 | 16:26 WIB
AKBP-Hengki.gif Honda-Batam

Kapolresta Barelang, AKBP Hengky (Foto: Romi Chandra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebagai Kapolresta Barelang yang baru, AKBP Hengky menegaskan, agar pada setiap personil yang ia pimpin menerapkan empat komitmen moral yang harus dibangun setiap individu.

Empat komitmen itu, terdiri dari disiplin, keterbukaan, loyalitas, dan ikhlas. "Empat komitmen ini harus bisa menjadi dasar dari masing-masing anggota untuk menjalankan tugas," ungkap Hengki, Senin (3/4/2014).

Dijabarkan Hengki, setiap anggota perlu memiliki sikap disiplin. Sebab, semua tugas yang dilakukan, baik dalam menjaga keamanan hingga melayani masyarakat harus diawali dengan sikap disiplin.

"Disiplin ini banyak penjabarannya, seperti disiplin waktu, kerja, maupun disiplin dalam melayani masyarakat. Kita sebagai petugas harus memberikan contoh yang baik," jelasnya.

Kemudian komitmen yang kedua, yakni keterbukaan. Ia menegaskan, apapun masalah yang dihadapi agar bersama-sama. Termasuk soal anggaran. Apapun diva yang harus dikucurkan ke Polsek-polsek maupun ke satuan fungsi, harus disalurkan 100 persen.

"Keterbukaan ini lebih kepada persoalan dalam internal Polresta Barelang sendiri. Termasuk soal anggaran. Apapun harus dilakukan secara terbuka. Semua anggaran yang harus disalurkan mesti tepat sasaran," tegasnya.

Begitu juga dengan loyalitas. Ia tidak mengharapkan adamya bantuan materi yang diberikan kepadanya. Namun ia menginginkan agar setiap personil memberikan rasa aman kepada masyarakat.

"Untuk setiap pejabat yang memegang tugas dan fungsi masing-masing, harus memiliki loyalitas tinggi demi kepentingan masyarakat. Meskipun ada kejadian dini hari, semua harus turun tanpa adanya perintah terlebih dahulu. Bukan materi yang diminta, tapi loyalitas dalam bentuk pekerjaan," lanjutnya.

Terakhir, apa saja yang dilakukan harus didasari dengan rasa ikhlas. Tujuannya, agar setiap yang dilakukan bisa dilakukan secara maksimal.

"Setiap tugas yang diemban, harus dilakukan sepenuh hati, penuh kesadaran dan ikhlas. Jika sudah bisa ikhlas, tentu setiap pekerjaan yang dilakukan bisa diselesaikan secara maksimal," tambahnya.

Ia juga mengharapkan, apa saja sikap yang diberikan untuk membantu kepemimpinan Kapolresta Barelang sebelumnya, juga diberikan kepadanya.

"Kapolresta Barelang sebelum saya, Kombes Helmy Santika, merupakan senior dan panutan saya. Saya berharap apa saja kinerja yang diberikan kepadanya, juga diberikan kepada saya, agar kita bisa sama-sama melakukan hal lebih baik lagi," tegasnya.

Editor: Udin