Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Walikota Tanjungpinang Sampaikan Laporan LKPJ Tahun 2016
Oleh : Habibie Khasim
Sabtu | 01-04-2017 | 17:38 WIB
Lis-Darmansyah-berikan-LKPj-ke-Dewan.gif Honda-Batam

Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah bersama Ketua DPRD Tanjungpinang, Suparno dan Wakil Ketua I Tanjungpinang, Ade Angga, melakukan salam komando sekaligus penyerahan laporan LKPJ tahun 2016 (Foto: Habibie Khasim)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah, Jumat (31/3/2017) menyampaikan laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) tahun anggaran 2016 kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tanjungpinang. Meskipun Paripurna terbuka tersebut hanya dihadiri sebanyak 11 anggota dewan, namun Paripurna tersebut berjalan dengan hikmat.

Lis Darmansyah penuh percaya diri dalam meyampaikan LKPJ-nya. Dalam rapat yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Tanjungpinang, Suparno, dan dihadiri oleh Wakil Ketua I DPRD Tanjungpinang, Ade Angga tersebut, Lis mengatakan, penyelenggaraan pemerintah daerah Tanjungpinang secara keseluruhan diarahkan pada upaya perwujudan visi pembangunan yang telah disepakati bersama dalam rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Tanjungpinang tahun 2013-2018.

“Yaitu Tanjungpinang yang sejahtera, berahklak mulia dan berwawasan lingkungan dengan pemerintahan yang bersih, transparan, akuntabel serta melayani. Dengan demikian, maka visi yang dimaksud merupakan arah dan pedoman bagi segenap lapisan dan komponen masyarakat, serta seluruh jajaran aparatur pemerintah daerah dalam berkarya, menjadikan sebagai kristalisasi semangat kejuangan dalam meningkatkan harkat, martabat, kesejahteraan serta kemajuan masyarakat melalui geliat dan dinamika otonomi daerah,” tutur Lis dalam pidatonya.

Dalam laporannya itu, orang nomor satu di Tanjungpinang tersebut memaparkan bahwa, realisasi anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) murni Kota Tanjungpinang sebesar Rp1.047.234.876.955 dengan realisasinya sebesar Rp948.480.069.722 atau sebesar 90,57 persen dari target anggaran 2016.

Sementara itu, kebijakan umum dan kinerja belanja daerah tahun anggaran 2016 perubahan sebesar Rp1.063.642.825.959 dengan realisasinya sebesar Rp946.964.244.138 atau 89,03 persen.

Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah membacakan LKPJ Tahun 2016 (Foto: Habibie Khasim)

Dalam laporannya, Lis juga menyampaikan tentang target capaian kinerja daerah dari semua lini, mulai dari Pendidikan, Kesehatan, tata kelola pemerintahan dan Reformasi Birokrasi, Pariwisata dan Budaya, Pekerjaan Umum dan Lingkungan Hidup.

Mengenai laporan dari Walikota Tanjungpinang tersebut, Pimpinan Dewan yang hadir, Suparno dan Ade Angga, tentunya mengapresiasi terhadap kinerja Walikota dan Wakil Walikota Tanjungpinang selama tahun 2016. Kelebihan yang ada, kata Suparno, tentuya telah terlihat tentang banyaknya sarana dan prasarana yang baru di Kota Tanjungpinang.

Selain itu juga, pemenuhan fasilitas dasar untuk masyarakat seperti Puskesmas di sektor kesehatan, serta telah banyak taman bermain dan tentunya ikon terbaru Kota Tanjungpinang, yaitu Laman Boenda dan Gedung Gonggong.

Senada juga dikatakan oleh Ade Angga. Ade mengatakan, masyarakat tidak perlu meragukan pembangunan dan fasilitas yang telah ada saat ini di Kota Tanjungpinang. Akan tetapi, menurut Ade Angga, jika Pendapatan Asli Daerah (PAD) bisa dimaksimalkan, maka kepemimpinan ini akan lebih baik.

Paripuran sendiri didominasi oleh Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (FPDIP), Ilimar, dari Gerindra, Agung Trianto, Hot Asi dan beberapa anggota dewan lainnya.

Editor: Udin