Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Besok, 33 TKI Ilegal Tangkapan TNI AL Dipulangkan ke Daerah Masing-masing
Oleh : CR-13
Rabu | 29-03-2017 | 13:28 WIB
30_TKI_Illegal.jpg Honda-Batam

TKI Tangkapan Tim WFQR Lantamal IV akan dipulangkan ke daerah masing-masing. (Foto; Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Sebanyak 33 TKI ilegal yang terdiri dari 3 orang cewek dan 30 cowok akan dipulangkan ke kampung halamanya, Kamis (30/3/2017) besok. Sebanyak 10 TKI akan dipulangkan melalui Tanjungpinang dan 23 orang melalui Batam.

Sebelumnya, 33 orang TKI ilegal ini, kata Kepala Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Tanjungpinang, Kombes Pol H Ahmad Ramadhan berhasil diamankan Tim WFQR Lantamal IV di lagoi. Karena sudah selesai pemeriksaan dan besok lngsung dipulangkan ke kampung halamanya.

"Besok mereka akan kita pulangkam, lewat Tanjungpinan dan sebagian melalui Batam," beber Ramadham saat dikonfirmasi melalui telpon, Rabu (29/3/2017).

Mereka dipisah karena untuk efisensi jalur. Pemulangan melalui Tanjungpinang ini yang tujuan Lombok (Nusa Tenggara Barat), sedangkan yang di Batam tujuan Jakarta, Surabaya dan Semarang.

Sebelumnya, Ke 33 TKI ilegal yang diungkap Tim WFQR Posal Lagoi berasal dari berbagai daerah. Sebanyak 21 diantara mereka berasal dari Nusa Tenggara Barat (NTB) dan sisanya ada yang dari Medan, Sumatra Utara, Jawa dan daerah daerah lainnya. Pemulangan semuanya menjadi tanggung jawab BPN2TKI dalam hal ini didaerah tugas BP3TKI.

"Kita harap kedepan tidak ada lagi kasus kasus penyeberangan orang sebagai TKI ke negara lain terutama terjadi di wilayah kerja mereka. Oleh karena itu, langkah paling prioritas untuk mencegah itu adalah meningkatkan koordinasi dengan BPN2TKI yang ada di daerah daerah lain," timpalnya.

Editor: Yudha