Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Mari Selamatkan Lingkungan dengan Hal Sederhana Ini
Oleh : Redaksi
Senin | 27-03-2017 | 12:40 WIB
Ilustrasi-pohon1.gif Honda-Batam

Ilustrasi

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Manusia dan alam merupakan satu kesatuan yang saling membutuhkan. Manusia bertanggung jawab dalam menjaga kelestarian lingkungan agar keseimbangan kehidupan tetap terjaga.

Ada beragam cara untuk melestarikan lingkungan. Salah satu yang ditanamkan sejak kecil adalah tidak membuang sampah sembarangan. Bersahabat dengan lingkungan juga bukan berarti kita terlibat dalam kegiatan yang menyita waktu, tenaga, dan dana yang berlebihan.

Banyak cara sederhana yang bisa dilakukan dan semua itu bisa dimulai dengan kesadaran. Berikut ini rinciannya:

1. Hemat listrik
Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk membuat rumah hemat energi. Anda dapat menggunakan bohlam LED, menghemat pemakaian listrik, dan mengganti peralatan elektronik dengan teknologi yang lebih hemat energi. Tidak hanya membantu lingkungan, kegiatan ini juga membantu menurunkan tagihan listrik bulanan.


2. Beli bahan lokal
Sistem produksi pangan saat ini sangat membebani lingkungan. Distribusi makanan di seluruh dunia menghabiskan bahan bakar dalam jumlah besar, selain menambah polusi dan emisi karbon.

Anda dapat membantu memerangi kondisi tersebut dengan memilih makanan lokal sebanyak mungkin. Semakin banyak orang mendukung petani lokal, akan memperpendek rantai distribusi yang tidak efisien.

3. Membuat kompos
Memilah sampah yang dapat dijadikan kompos dan menimbunnya di halaman rumah akan berkontribusi besar pada lingkungan. Membuat kompos merupakan cara yang jauh lebih alami dan ramah lingkungan untuk membuang limbah sekaligus memperindah taman.

4. Hemat air
Masih banyak orang yang tidak sadar telah membuang literan air setiap harinya. Seperti tidak menutup keran air saat menggosok gigi, penyiraman berlebihan pada rumput, atau tidak memperbaiki keran bocor. Upaya untuk menghemat air sangat membantu lingkungan dan juga mengurangi tagihan air bulanan.

5. Pilih produk eco-friendly
Dengan mempertimbangkan posisi sebagai konsumen, Anda dapat memprioritaskan memilih produk dan perusahaan yang ramah lingkungan. Semakin banyak orang mengapresiasi perusahaan yang bertanggung jawab terhadap lingkungan, kian besar dorongan bagi perusahaan lain untuk mengikuti jejak mereka menerapkan teknologi dan produk yang ramah lingkungan.

6. Kurangi berkendara
Bahan bakar fosil sangat mempengaruhi polusi dan pemanasan global. Anda dapat membantu dengan mengemudi lebih jarang dan menggunakan moda transportasi yang lebih ramah lingkungan sebagai gantinya. Naik sepeda, berjalan kaki, atau menggunakan transportasi umum adalah pilihan yang sangat baik dan memberikan bonus tambahan yang membantu tubuh tetap bugar.

7. Daur ulang
Setiap kali Anda dapat menggunakan kembali atau mendaur ulang suatu barang daripada membuangnya. Ada ide yang tak terhitung jumlahnya di internet yang dapat diterapkan sehingga barang-barang di sekitar dapat didaur ulang.

Sumber: Tempo.co
Editor: Yudha