Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ezra Walian Berpeluang jadi Pemain Naturalisasi ke-13 Indonesia
Oleh : Redaksi
Minggu | 19-03-2017 | 08:00 WIB
Ezra_Warlan.jpg Honda-Batam

Ezra Walian, pemain Ajax Amsterdam Belanda akan menjalani proses naturalisasi menjadi WNI agar bisa membela Timnas Indonesia

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Ezra Walian tinggal selangkah lagi mendapat hak kewarganegaraan Indonesia. Jika telah resmi, ia akan menjadi pemain naturalisasi ke-13 yang dimiliki Indonesia saat ini.

Proses naturalisasi pemain Ajax Amsterdam ini memang masih berjalan dan telah disetujui Komisi X DPR RI. Namun, proses itu masih membutuhkan waktu karena DPR terlebih dahulu akan melaporkan ke Presiden Joko Widodo sebelum membawa ke Sidang Paripurna.

Proses naturalisasi Ezra pun didukung Menpora Imam Nahrawi meski ia mengatakan naturalisasi ke depannya tak akan selalu menjadi opsi utama. Usia yang masih produktif, prestasi di klub, dan kemauan keras membela Timnas Indonesia menjadi pertimbangan lain Cak Imam.

"Kemarin sudah diputuskan oleh Komisi X DPR, tinggal nanti Komisi X melapor ke Rapat Paripurna. Yang pasti sudah diterima permintaan hak kewarganegaraannya, tapi secara sah dan resmi nanti akan disampaikan pimpinan DPR ke Presiden," ujar Menpora saat melakukan kunjungan kerja kepemudaan ke Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA), Nganjuk, Jawa Timur, Sabtu (18/3/2017).

Meski telah ada sejak tahun 1950-an, kepopuleran naturalisasi terutama pesepak bola menggema pada 2006. Kala itu, PSSI yang masih dipimpin Nurdin Halid berencana mengindonesiakan tujuh pemain muda Brasil usia 20-23 tahun.

Namun, saat ini naturalisasi kembali ramai meski proses yang ditempuh lebih masuk akal. Pasalnya, banyak pemain naturalisasi diberikan hak kewarganegaraan setelah sudah lama menetap dan bermain di Indonesia.

Meski hanya berkunjung rutin dan tidak menetap, rasanya opsi naturalisasi tepat diberikan kepada Ezra. Pasalnya, pemain 19 tahun itu memiliki bakat dengan membawa Ajax U-16 juara turnamen di Singapura 2012 lalu sekaligus menjadi top skorer.

Berikut daftar pesepak bola naturalisasi saat ini:
1. Cristian Gonzales (Uruguay)
2. Sergio Van Dijk (Belanda)
3. Stefano Lilipaly (Belanda)
4. Kim Jeffrey Kurniawan (Jerman)
5. Diego Michiels (Belanda)
6. Tonnie Cusell (Belanda)
7. Greg Nwokolo (Nigeria)
8. John Van Beukering (Belanda)
9. Raphael Maitimo (Belanda)
10. Victor Igbonefo (Nigeria)
11. Bio Pauline (Kamerun)
12. Ruben Wuarbanaran (Belanda)

Sumber: Metrotvnews.com

Editor: Surya