Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Komisi X DPR RI Akhirnya Setujui Naturalisasi Erza Walian
Oleh : Redaksi
Kamis | 16-03-2017 | 12:38 WIB
ezra-01.gif Honda-Batam

Ezra Harm Ruud Walian.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Komisi X DPR RI menyetujui pengajuan kewarganegaraan Indonesia bagi pesepak bola Ezra Harm Ruud Walian dan ayahnya, Glenn Arthur Walian. Hal ini diputuskan dalam Rapat Kerja Terbuka bersama Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Imam Nahrawi beserta jajarannya di Ruang Rapat Gedung Nusantara I Kompleks DPR/MPR, Kamis (17/3) siang.

Ezra merupakan pemain berkewarganegaraan Belanda dan bermain untuk tim Ajax Amsterdam. Sedangkan Glenn berprofesi sebagai Konsultan Sepak Bola Pembinaan Usia Muda di Belanda.

Sejak akhir Desember lalu, keduanya sudah mengajukan proses naturalisasi kepada Kementerian Hukun dan HAM. Ezra juga sudah mendapatkan persetujuan dari Presiden RI Joko Widodo melalui Sekretaris Negera (Setneg).

Kini proses naturalisasi Ezra mendapatkan persetujuan di tingkat DPR.

"Ya (setuju). Cuma yang jadi catatan kami ke depan, agar setiap melakukan rapat ini yang bersangkutan dihadirkan. Kedua, ada jaminan dari induk cabang olahraga bahwa dengan merekrut ini prestasi apa yang akan Indonesia bisa raih?" kata pimpinan rapat yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Ferdiansyah, kepada CNNIndonesia.com usai rapat.

"Karena produknya ini kan sepak bola, tim. Paling tidak secara peringkat Indonesia bisa naik," katanya menambahkan.

Berdasarkan yang dilansir dari situs FIFA, peringkat Indonesia per 9 Maret 2017 naik dua peringkat dan saat ini berada di posisi ke-167 dengan 123 poin.

"Dengan menaturalisasikan Ezra, ada jaminan tidak peringkat Indonesia bisa naik di FIFA?" kata Ferdiansyah.

Setelah mendapatkan persetujuan Komisi X, selanjutnya pimpinan DPR akan memberikan surat keterangan kepada Presiden RI dan setelah itu keluar Keputusan Presiden. Ketika surat keputusan keluar, barulah Ezra dan ayahnya resmi dinyatakan sebagai WNI.

Menpora Imam Nahrawi berharap Keppres bisa keluar sebelum akhir Maret sehingga Ezra bisa segera mengikuti pemusatan latihan tim nasional U-22.

Imam juga mengucapkan terima kasih kepada Ferdiansyah dan para anggota Komisi X DPR RI yang telah memberikan pertimbangan bagi Kemenpora.

"Kami mohon maaf belum bisa menghadirkan kedua orang tersebut dalam Rapat Kerja Terbuka ini karena mereka masih di Belanda, jadi mereka tidak bisa menyanyikan lagu Indonesia Raya atau membacakan Pancasila seperti yang dilakukan Roxana (Nastrusnicu, atlet gulat)," ucap Imam.

Selain Ezra, beberapa atlet olahraga yang sudah dinaturalisasi sebelumnya adalah Cristian Mario Gonzales (Sepak Bola), Kim Jeffrey Kurniawan (Sepak Bola), Diego M. Michels (Sepak Bola), Greg Nwokolo (sepak Bola), Stefano Lilipaly (Sepak Bola), Victor Igbonefo (Sepak Bola), Sergio Van Dijk (Sepak Bola), Jhonny van Beukering (Sepak Bola), Tony Cusell Lilipaly (Sepak Bola), Pierre Bio Paulin (Sepak Bola), Jamarr Andre Johnson (Basket), dan Roxana Nastrusnicu (Gulat).

Sumber: CNNIndonesia
Editor: Gokli