Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Batam Akhirnya Ditetapkan sebagai Pelabuhan Hub Internasional
Oleh : Irawan
Minggu | 12-03-2017 | 16:00 WIB

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Badan Perencanaan Nasional (Bappenas) telah merencanakan pembangunan Pelabuhan Hub Internasional di Batam, yang berlokasi di pantai timur Batam. Penetapan Pelabuhan Hub Internasional Batam tersebut masuk dalam Kawasan Strategis Prioritas Nasional 2018 dan Kawasan Strategis Prioritas RPJMPN 2015-2019.

Kepastian tersebut disampaikan Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro dalam Rapat Kerja dengan Komite IV DPD RI pada 22 Pebruari 2017 lalu. Pelabuhan Hub Internasional Batam ini, untuk melayani wilayah Barat Indonesia selain Kuala Tanjung (Sumatera Utara) dan Tanjung Priok (Jakarta).

"Dalam Rapat Kerja dengan Bappenas baru-baru ini sudah diputuskan Batam sudah diputuskan sudah menjadi pelabuhan Hub Internasional," kata Haripinto Tanuwidjaja, Anggota Komite IV asal Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) di Jakarta, Minggu (12/3/2017).

Menurut Haripinto, Batam perlu menjadi pelabuhan Hub Internasional, untuk menyaingi Singapura dan Johor (Malaysia).

"Jika ini terealisasi investasi di Batam akan meningkatkan, dan akan memangkas waktu pengiriman barang ke luar negeri. Kalau ke Tanjung Priok terlalu jauh," katanya.

Ia menilai Batam memiliki kapasitas sebagai pelabuhan Hub Internasional, dan bisa menjadi pusat pertumbuhan ekonomi nasional di wilayah Barat Indonesia. "Salah satu cara untuk mengembangkan Batam, meningkatkan investasi ya melalui pembangunan pelabuhan Hub Internasional. Infrastruktur pelabuhan harus dibangun," katanya.

Pembangunan Pelabuhan Hub Internasional Batam dilakukan untuk perbaikan peertumbuhan ekonomi spasial seperti untuk mengurangi ketimpanan dan penurunan biaya logistik. Sehingga diperlukan pengembangan kawasan-kawasan industri pengolahan dan meningkatkan produktivias daerah-daerah potensial yang memiliki pertumbuhan rata-rata kurang dari pertumbuhan nasiona yang terintegrasi dengan tol laut sebagai tulang punggung distribusi logistik.

Sepert diketahui di Kawasan Barat Indonesia, pemerintah telah memproyeksikan Pelabuhan Kuala Tanjung, Sumatera Utara akan menjadi Pelabuhan Hub Internasional, setelah pembangunan pelabuhan tersebut diselesaikan.
Selama ini status Pelabuhan Hub Internasional Peti Kemas diberikan kepada Pelabuhan Tanjung Priok bersama dengan Pelabuhan Patimban (Subang, Jawa Barat) secara komplementer.

Sementara di kawasan timur Indonesia pelabuhan Hub Internasional Bitung, Sulawesi Utara, Pelabuhan Hub Internasional Tanjung Perak (Surabaya, Jawa Timur), pPelabuhan Hub Internasional New Port Makassar (Sulawesi Selatan) dan Pelabuhan Hub Internasional Sorong (Papua).

Editor: Surya