Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Buah Nangka Jadi Tren Makanan Sehat di Tahun 2017
Oleh : Redaksi
Jum'at | 10-03-2017 | 13:05 WIB
buah-nangka1.gif Honda-Batam

Buah nangka. (Foto: Tempo.co)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Makanan atau minuman memiliki lingkaran masanya sendiri saat pamornya di posisi puncak. Dulu kita mulai mengetahui apa saja manfaat teh hijau sehingga minuman itu “dinobatkan” sebagai minuman sehat. Begitu juga smoothie dan berbagai jenis makanan lain.

 

Pada 2017, ada beberapa makanan yang didapuk sebagai makanan sehat. Ada yang sudah dikenal luas, namun ada pula yang terbilang baru. Berikut ini rinciannya:

1. Nangka
Buah yang berasal dari Asia Tenggara ini kaya akan protein, potassium, kalsium, dan zat besi. Teksturnya mirip daging yang disuwir-suwir. Sebab itu, nangka menjadi tren terbaru di kalangan vegetarian sebagai pengganti daging.

2. Biji amaranth
Anggota keluarga biji-bijian kuno ini mulai populer di kalangan pecinta makanan sehat. Seperti kinoa, biji amaranth menjadi pengganti nasi dengan kandungan protein dan serat 10 kali lebih banyak.

3. Brokoli spigarello
Sayuran asal Italia Selatan ini disebut-sebut sebagai nenek moyang brokoli. Brokoli Spigarello memiliki cita rasa unik, yaitu rasa manis dari brokoli dipadu dengan sedikit pahit dari daun kale. Biasanya, spigarello dioseng dengan minyak zaitun dan kacang pinus. Di negara asalnya, brokoli spigarello kerap dijadikan topping pizza.

4. Ubi ungu
Umbi-umbian ini populer digunakan dalam hidangan di Filipina. Rasanya yang manis dan warna ungunya yang cantik kerap menjadikan ubi ungu sebagai pewarna alami untuk camilan manis, seperti donat, puding, dan es krim.

5. Wakame
Wakame adalah jenis rumput laut yang juga merupakan salah satu makanan khas Jepang. Selain kaya dengan vitamin A, B2, C, D , E, dan K, wakame juga kaya zat besi, kalsium, magnesium dan iodin. Singkat kata, Wakame adalah "makanan super".

Sumber: Tempo.co
Editor: Yudha