Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sensasi Kopi Gayo di Koffee Street 27

Ngopi Dulu, Biar Gak Gila!
Oleh : Suci Ramadhani
Jum'at | 03-03-2017 | 08:38 WIB
kopiedan.jpg Honda-Batam

Suasana ngopi di Koffee Street 27 Batam Center. (Foto: Suci Ramadhani)

BATAMTODAY.COM, Batam - "Jangan sampai gila, makanya minum kopi dulu." Begitu kira-kira bunyi obrolan para penikmat kopi di Koffee Street 27 yang berlokasi di Pasar Mega Legenda Batam Center.

Karena di kedai kopi yang banyak dikunjungi anak muda itu, menyediakan gayoburbale coffee yang berasal dari Aceh. Kopi ini berbeda dengan kopi lain.

Kopi yang memiliki jenis arabika itu, diambil dari perkebunan Aceh dalam keadaan masih mentah. Lalu, semuanya diolah di Koffee Street 27.

"Kopi ini, saya datangkan dari aceh, lalu saya roasting atau dipanggang selama 30 menit agar kondisi kopi tidak mentah dan siap di sajikan," ujar owner Koffee Street 27, Dewo kepada BATAMTODAY.COM, Kamis (2/3/2017).

Koffee Street 27 sudah beroperasi selama dua tahun. Kopi ini digrinding terlebih dahulu, sebelum penjian metode yang digunakan adalah manual brew.

Dalam penyajiannya, para baresto Koffee Street 27 sangat disiplin menjaga temperatur suhu air dan takaran. Tujuannya, agar rasa benar-benar nikmat.

"Di sini mayoritas pembeli usia 25 tahun. Dalam penyajian kopi hanya tiga menit saja, pembeli langsung bisa menyicipi kopi," paparannya.

Menu yang disediakan di Koffee Street 27 tak hanya kopi gayo saja. Ada kopi hitam, kopi susu, kopi tubruk, drip dan espresso. Selain itu, disediakan berbagai fasilitas, diantaranya WIFI gratis.

"Kami juga menyediakan menu kopi lain, mocha, vanilla latte, caramel latte, latte jelly, vanilla ice blended, caramel ice blended, cappucinno, amaricano, caramel machiatto, avocado coffee, cappucinno jelly, latte. Semua dasarnya dari kopi, hanya ada pemaduan rasa agar lebih mantap rasanya dilidah," jelasnya.

Harga kopi di sini juga sangat terjangkau, mulai Rp7.000,- sampai Rp23.000. Kalau dibanding dengan yang lain kopi asli tanpa ada campuran lain bisa mencapai Rp15.000,- per gekas, karena keaslianya membuat harga tinggi.

"Di sini murah, karena dibuat sendiri dari proses pemanggangan, sampai menghancurkan dengan manual, dan penyaringannya, semuanya dilakukan sendiri," pungkasnya.

Kopi arabika ini bagus untuk kesehatan, hingga bisa mencegah parkinsen penyakit yang berada di kepala seperti ingatan dan saraf selain itu mengurangi resiko diabetes, dan tenaga medis suka menggunakan kopi sebagai obat.

"Kebanyakan orang merasakan stimulasi di otak, di sana yang sering dibilang setelah minum kopi tidak bisa tidur, dikarenakan kopi dapat membuat otak kita bekerja, orang luar minum kopi itu pada pagi hari, tujuannya agar lebih enteng menyelesaikan pekerjaannya," ujarnya.

Mulanya, Koffee Street 27 menggunakan mobil, berkeliling menjajakan kopi tersebut. Tapi sekarang ini memiliki tempat yang tetap agar pencinta kopi tidak bingung-bingung mencari kopi dari aceh ini.

"Sekarang kami buka dari pukul 8.00 sampai pukul 12.00 WIB, dan buka kembali pukul 17.00 hingga 23.00 WIB," katanya.

Editor: Dardani