Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Proton Komersilkan Mobil Listrik pada 2013
Oleh : sn
Selasa | 18-10-2011 | 12:34 WIB

MALAYSIA, batamtoday - "Proton Holdings Bhd berencana mengkomersilkan mobil listriknya pada 2013," kata Direktur Proyek Datuk Zainuddin Che Din.

Kendaraan yang kini sedang dites, akan dikomersilkan untuk menampung permintaan yang semakin meningkat untuk mobil listrik di Malaysia. "Sekarang ini, kami sudah menyerahkan tiga Proton Saga EV dan lima unit Proton Exora Range Extender EV kepada kerajaan untuk diuji," ujar Zainuddin.

"Dalam proses komersialisasi kendaraan, kami merencanakan menyediakan sedikitnya 200 Range Extenders dan 150 Proton Saga EV kepada pemerintah menjelang akhir tahun depan," katanya.

Seperti dilansir Bernama, Selasa (18/10/2011), mobil tersebut akan dijual pada harga yang kompetitif dengan nilai uang saat dikomersilkan kelak. Harga Proton Saga EV diperkirakan RM70.000 dan Proton Exora Range sekitar RM100.000.

"Harga itu lebih rendah dan kompetitif untuk mobil listrik penuh dalam negara," kata Zainuddin yang juga Direktur Proyek Departemen Teknologi Hijau Proton.

Dia berkata, untuk menampung kebutuhan mobil listrik sebaik dikomersilkan kelak, Proton dan pemerintah kini menyediakan mekanisme untuk membangun infrastruktur jalur mengenakan kendaraan listrik.

"Pada tingkat awal, stasiun tersebut akan didirikan di Putrajaya, Cyberjaya dan lokasi utama di Jakarta. "Saat ini, beberapa stasiun sudah tersedia di kantor Pemerintah," katanya.

Zainuddin mengatakan, pemerintah mungkin membangun 100 sampai 150 stasiun.

Proton Saga EV, mobil listrik sepenuhnya dan Proton Exora Range Extender EV, versi canggih teknologi hibrid, dikatakan sangat efisien dengan perbatuan sekitar 70 sampai 80 kilometer sehari.