Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Komunitas Metal Yogyakarta Gelar Festival Hellnation
Oleh : Dodo
Sabtu | 15-10-2011 | 12:36 WIB
Death_Vomit_360.jpg Honda-Batam

Death Vomit, turut meramaikan Hellnation 2011 yang digelar di Yogyakarta. (Foto: Rolling Stone)

YOGYAKARTA, batamtoday - Hellnation, sebuah festival musik metal Yogyakarta yang diselenggarakan dalam rangka ulang tahun komunitas metal Yogyakarta, Jogjakarta Corpse Grinder, akan diadakan pada hari Minggu (16/10) besok di Museum Nasional Yogyakarta.

Dikutip dari Rolling Stone, pihak Jogjakarta Corpse Grinder mengatakan, “Berbekal pengalaman dan kesuksesan Hellnation tahun lalu, sudah menjadi kewajiban bagi kami untuk menyajikan suguhan yang lebih menarik dengan konsep lebih matang sehingga wajar jika Hellnation 2011 merupakan event paling ditunggu bagi metalhead maupun penikmat musik metal di Yogyakarta.”

Dalam rangka perayaan ulang tahun Jogjakarta Corpse Grinder yang ke-17 ini, Hellnation menampilkan total 25 band ekstrem metal lokal, yang di antaranya adalah Death Vomit, Cranial Incisored, Devoured, Venomed, Drosophila, Nosferatu, Fallentlight, Drowned Awake, Fadhalius, dan Head Krusher.

Tadinya, Hellnation direncanakan untuk diadakan seminggu sebelumnya dengan lokasi berbeda, yaitu pada 9 Oktober di Sport Hall Kridosono. Namun karena pada tanggal itu terdapat satu acara lain di lokasi tersebut yang berbeda aliran musik dan karakter massa penggemar, maka Polresta Yogyakarta pun tak berani memberikan izin karena ditakutkan terjadi hal-hal yang dapat mengganggu keamanan selama acara berlangsung.

Sejak didirikan pada 1994, Jogjakarta Corpse Grinder juga telah membuat berbagai kegiatan seperti studio gig yang bernama Never Ending Nightmare, sharing seputar musik metal di angkringan Ambarukmo Plaza, belajar alat musik dan teknik vokal bersama di studio musik secara cuma-cuma, tur keluar kota mendukung band jebolan komunitas Jogjakarta Corpse Grinder, hingga membuat acara amal seperti Vibracore.

Beberapa band yang berasal dari komunitas ini adalah Death Vomit yang beraliran death metal, Cranial Incisored yang menggabungkan chaotic, death metal, dan jazz, Nosferatu pengusung black metal, Drosophilia dengan doom metalnya, Metallic Ass dari wilayah thrash metal, hingga Deadly Weapon yang mewakili grindcore.

Tiket Hellnation 2011 dipatok harga Rp 15.000,00 untuk pre-sale yang sudah berakhir Kamis (13/10) kemarin dan Rp 20.000,00 untuk harga normal di venue nantinya.