Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pebulutangkis Anthony Ginting Capai Babak Semi Final Thailand Masters
Oleh : Redaksi
Sabtu | 11-02-2017 | 12:02 WIB
Anthony-Ginting1.jpg Honda-Batam

Pebulutangkis Indonesia Anthony Ginting. (Foto: CNN Indonesia)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pebulutangkis tunggal Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, berhasil mencapai babak semifinal Thailand Masters 2017 dengan digdaya. Uniknya, untuk menggapai babak empat besar tersebut, pebulutangkis berusia 20 itu menaklukkan dua wakil China secara berurutan di babak sebelumnya.

Setelah menghabisi unggulan kedua Huang Yuxiang di babak 16 besar, Anthony kembali menaklukkan wakil China, Zhao Junpeng lewat dua set langsung di babak perempat final.

Untuk mengalahkan dua wakil China secara berurutan, pastinya bukanlah hal mudah bagi Anthony. Pasalnya China dikenal sebagai salah satu rival terberat dalam setiap turnamen bulutangkis internasional, termasuk pemain mudanya.

"Pemain China itu memang enggak gampang dikalahkan. Pokoknya harus sabar dan jangan buru-buru mau mematikan bola. Kalau sudah unggul, kadang terburu-buru mau menyelesaikan permainan, inilah penyebab kekalahan saya sebelumnya dari Zhao," kata Anthony yang jadi unggulan ke-10 dalam ajang Thailand Masters kali ini.

Adapun kekalahan dari Zhao yang dimaksudkan Anthony adalah dalam ajang Indonesian Masters pada 2016 silam.

Tapi, sabar saja disebut pebulutangkis 20 tahun itu tidak cukup untuk bisa mematikan langkah pemain China. Hal lain, lanjut dia, pintar mengolah bola dan membaca peluang untuk menyerang.

"Begitu dapat kesempatan, baru serang dan matikan bola,” jelas peraih medali perunggu tunggal putra di Youth Olympic 2014 ini.

Bisa memijakkan kakinya di semifinal adalah target awal Anthony di Thailand Masters. Kini, setelah target itu terpenuhi, ia pun berharap bisa maksimal untuk menyelesaikan turnamen keduanya musim ini setelah Malaysian Masters, Januari lalu.

Di babak semifinal, Anthony bakal jumpa kompatriotnya, Tommy Sugiarto. Tampil sebagai unggulan ketiga, anak dari legenda bulutangkis Indonesia, Icuk Sugiarto itu mengalahkan wakil tuan rumah Khosit Phetpradab lewat tiga set, 21-9, 22-24, 21-17.

Pertemuan Anthony dengan Tommy di semifinal Thailand Master bakal jadi pertemuan kedua mereka di semua level turnamen. Sebelumnya, Anthony yang kini menempati peringkat 36 dunia itu kalah saat bertemu di Vietnam Open 2015.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha