Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bill Gates Ogah Beli Liverpool
Oleh : Redaksi
Kamis | 09-02-2017 | 09:02 WIB
bill.jpg Honda-Batam

Bill Gates. (Foto: BBC)

BATAMTODAY.COM, New York - Salah satu orang terkaya di dunia, Bill Gates, menolak tawaran membeli klub Liga Primer Inggris: Liverpool. Klub berjuluk The Reds itu juga sempat ditawarkan ke pemilik New England Patriots, Robert Kraft.

Dikutip dari Liverpool Echo, kepastian Gates dan Kraft mendapat tawaran membeli Liverpool muncul dalam dokumen legal pengadilan antara Mill Financial, mantan pemilik The Reds George Gillet, dan Royal Bank of Scotland.

Gillet dan co-owner Tom Hicks membeli Liverpool pada 2007 dan kemudian memutuskan untuk menjualnya pada April 2010. Ketika itu Gillet dan Hicks mempercayai Barclays Capital untuk mencarikan pembeli.

Dalam pengadilan di New York pekan ini, presiden Liverpool ketika itu Sir Martin Broughton mendapat pertanyaan: “Apakah ada usaha untuk menghubungi Bill Gates dan Robert Kraft di AS dalam penjualan Liverpool?”

Liverpool dikuasai pengusaha Amerika Serikat sejak 2007.Liverpool dikuasai pengusaha Amerika Serikat sejak 2007. (Action Images via Reuters / Carl Recine) Broughton kemudian dengan singkat menjawab, “Itu benar”. Dalam pernyataanya Broughton mengaku Gates sama sekali tidak merespons tawaran, sementara Kraft secara langsung menolak tawaran tersebut.

Kraft yang New England Patriots-nya menjadi juara Super Bowl 2016 pekan ini, juga menolak tawaran membeli Liverpool pada 2005.

Liverpool kemudian dijual ke Fenway Sports Group yang dipimpin oleh John W. Henry. Fenway Sports Group juga menjadi pemilik klub bisbol Boston Red Sox.

Mill Financial mengajukan tuntutan ke pengadilan setelah Gillett gagal membayar pinjaman 70 juta dolar AS yang jatuh tempo pada Januari 2008. Ketika itu Gillet menawarkan 50 persen saham Liverpool sebagai gantinya.

Sumber: BBC Indonesia
Editor: Dardani