Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Perhatikan Hal Ini Saat Upgrade Audio Mobil Anda
Oleh : Redaksi
Senin | 06-02-2017 | 13:26 WIB
Audio1.jpg Honda-Batam

Sistem audio. (Foto: CNN Indonesia)

BATAMTODAY.COM, Batam - Bagi sebagian orang melakukan upgrade sound system kendaraan, khususnya roda empat tentu menjadi kepuasan tersendiri. Upgrade yang dilakukan beragam, bukan hanya untuk dipakai dalam keseharian tetapi juga untuk mengikuti lomba tertentu.

Dalam pemasangannya, ada beberapa hal yang menjadi perhatian serius bagi. Mengingat hal tersebut bertujuan untuk menambah usia sound dan aki kendaraan.

Pemilik toko sound system Din Audio, Rudin Kartawijaya mengatakan ada beberapa hal yang wajib diperhatikan saat pemasangan sound system, terlebih pada bagian instalasi kelistrikan.

"Kalau bicara awet dan enggak itu tergantung dari instalasi. Instalasi itu meliputi dari segi kabel," kata Rudin saat ditemui CNN Indonesia.com di tokonya di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (2/2).

Menurut Rudin, jika dalam pemasangan si mekanik memperhatikan instalasi, tentu akan berdampak baik kepada hasil yakni keluaran kualitas suara dan bisa menambah usia sound itu sendiri.

Selain instalasi, kata dia, penempatan atau biasa ia sebut treatment perlu diperhatikan. Semisal, letak aki, power, subover, kabel dan lainnya harus ditempatkan pada posisi yang tepat. Menurutnya, teknik tersebut biasa dipakai oleh masing-masing mekanik diler kendaraan.

"Soalnya ada yang berlebihan kabel, sampai digulung-gulung. Itu sama aja membuang arus yang tidak dipakai, sia-sia," ujarnya.

Ia menambahkan, pada saat itu biasanya mekanik menghitung-hitung kabel yang akan digunakan. Mengingat, jarak aki dengan perangkat sound system terhitung lumayan jauh, depan dan belakang.

"Biasanya, untuk instalasi harus diperhitungkan pemakaian kabel dari depan kebelakang berapa. Jangan sampai kurang maupun lebih, jadi harus bener-benar akurat dan tepat," imbuhnya.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha