Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

DPR Apresiasi Karya Mahasiswa Politeknik Negeri Batam
Oleh : Irawan
Senin | 06-02-2017 | 12:44 WIB
poltek_batam.jpg Honda-Batam

Politeknik Negeri Batam

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Tim Kunjungan Spesifik Komisi X DPR ke Kepulauan Riau pada Jumat (3/2/2017) lalu. Tim meninjau sarana dan prasarana Politeknik Negeri Batam. Dan dari hasil kunjungan ke beberapa laboratorium itu, Wakil Ketua Komisi X Ferdiansyah mengapresiasi inovasi mahasiswa Poltek Batam.

"Kita melihat Poltek Batam relatif cukup bagus, karena beberapa peralatan sudah memadai, tinggal yang perlu kita sampaikan kepada Kemenristek Dikti adalah kemanfaatan laboratorium yang ada di Poltek Batam untuk bisa digunakan oleh perguruan tinggi lain," kata Ferdiansyah seperti dikutip laman dpr.go.id.

Politisi F-PG itu menjelaskan, mahasiswa Poltek Batam bisa membuat micro chip yang ada di kartu mahasiswa, hal itu perlu dikembangkan dan diarahkan agar sejalan dengan industri yang ada di Indonesia.

“Ini merupakan suatu kemajuan yang cukup bagus, sehingga semua kartu mahasiswa yang menggunakan micro chip bisa diproduksi di dalam negeri. Manfaat peninjauan ini supaya produk yang dilakukan sesuai dengan kebutuhan industri kususnya yang ada di Indonesia,” ujarnya.

Dalam melihat aktivitas penunjang kegiatan Poltek itu, Ferdiansyah bertanya tentang mesin-mesin yang tersedia di labor, mulai penggunaan, harga sampai bahan baku untuk produksi sebuah peralatan. Pihaknya juga melihat tempat latihan perbaikan mesin pesawat terbang.

Hal senada juga disampaikan anggota Komisi X DPR Mujib Rohmat, yang mengusulkan agar produksi yang dihasilkan mahasiswa Poltek Batam bisa dipatenkan. Sebab, inovasi yang diciptakan mahasiswa Teaching Factory Manufaktir Elektronika belum ada tandingannya di Batam.

"Politeknik ini sudah menghasilkan beberapa karya yang cukup bagus. Microchip yang dihasilkan multiguna dan belum ada tandingannya di beberapa tempat oleh karena itu saya usulkan agar karya ini segera di patenkan," kata Muji.

Pihaknya juga meminta pemerintah memberi perhatian dan apresiasi, agar inovasi yang dihasilkan mahasiswa Poltek Batam itu dapat dikembangkan. “Perlu ada kerjasama dengan pemerintah dan pengusaha agar ini bisa dikembangkan dan hasilnya bisa bermanfaat bagi masyararakat Indonesia,” ujarnya.

Editor: Surya