Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Open Bidding Usai, Pemkab Anambas Belum Umumkan Hasil Uji Kompetensi
Oleh : Fredy Silalahi
Senin | 30-01-2017 | 17:14 WIB
ASN-Anambas-mengikuti-upacara.gif Honda-Batam

ASN Anambas mengikuti upacara (Foto: dok.batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Anambas - ‎Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Kepulauan Anambas, tetapkan tiga nama hasil seleksi terbuka Jabatan Pimpian Tinggi Pratama, yaitu Asmarullah, Ody Karyadi serta Sahtiar. Hal tersebut sudah diverifikasi dengan nomor 03/BKPSDM.BA.821/01.17, sehingga ketiga nama tersebut berhak mengikuti tahapan seleksi jabatan sebagai Sekretaris Daerah (Sekda).

"Ketiga orang itu sudah selesai mengikuti seleksi terbuka (open bidding) dan hasilnya sudah diserahkan kepada Kepala Daerah. Nantinya, Kepala Daerah yang memutuskan siapa yang menjadi Sekda," terang Kepala BKSDM, Linda Maryati, Senin (30/1/2017).

Dia mengakui, panitia seleksi hanya memberi rekomendasi kepada nama-nama yang mengikuti seleksi terbuka dan keputusan tetap berada di tangan kepala daerah. Menurutnya kepala daerah juga tidak dapat mengintervensi hasil seleksi tersebut.

Namun, Linda mengelak, bahwa nilai hasil uji kompotensi pejabat yang mengikuti seleksi terbuka, tidak dapat diumumkan. Kecuali kepala daerah berkeinginan memberitahukan nilai masing-masing peserta tersebut.

"Hasil seleksi ini tidak bisa diumumkan, demikian juga dengan pansel tidak bisa memberitahukan nilai dari masing-masing peserta open bidding‎. Namun tetap ini berada pada kebijakan kepala daerah, kalau beliau ingin mengumumkannya," tegasnya.

‎Linda menyinggung, untuk peserta open bidding eselon IIb (setara Kepala Dinas) ada sebanyak 15 orang yang sudah direkomendasikan. Hal ini diketahui untuk memperebutkan 5 kursi pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

"Untuk memperebutkan pimpinan OPD (Badan Keuangan, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Koperasi Perindusterian dan Perdagangan, Dinas Kominfo, dan Satpol PP), pansel telah memberikan rekomendasi kepada kepala daerah. Jadi total keseluruhannya yaitu 18 orang, yakni 15 orang mengikuti open bidding ‎IIb, serta 3 orang mengikuti open biding IIa (Sekda)," singgungnya.

‎Dia menargetkan, pada tanggal 6 Februari mendatang, kepala daerah akan mengumumkan keputusan hasil pertimbangan sesuai dengan kemampuan peserta. "Untuk pelantikan Sekda maupun pimpinan 5 OPD ini, masih menunggu arahan dari Pak Bupati," ujarnya mengakhiri.

Editor: Udin