Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kontrak Berakhir, Susi Air Tak lagi Layani Rute Tanjungpinang-Letung
Oleh : Freddy Silalahi
Minggu | 29-01-2017 | 14:30 WIB
susi_air.jpg Honda-Batam

Maskapai Susi Air

BATAMTODAY.COM, Anambas - ‎Pesawat Susi Air yang melayani rute penerbangan Tanjungpinang -Letung, Jemaja Kabupaten Keuangan Anambas tidak lagi beroperasi. Pasalnya, kontrak Maskapai Susi Air milik Menteri Perikanan dan Kelautan Susi Pudjiastuti dengan pemerintah pusat telah berakhir.

"‎Susi Air tidak beroperasi lagi ke Letung, karena kontraknya sudah habis. Sementara yang melakukan kontrak yaitu Pemerintah Pusat. Namun, kami sudah mendorong Pemerintah Pusat agar Susi Air tetap beroperasi," terang Kepala Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Kepulauan Anambas, Nurman, Minggu (29/1/2017).

Dia menambahkan, meski demikian Pesawat Express Air tetap melayani rute penerbangan Tanjungpinang - Matak - Tanjungpinang.

"Kami tetap berupaya, agar Express Air tetap beroperasi. Mengingat cuaca yang tidak memungkinkan fery cepat Tanjungpinang maupun Batam beroperasi,"ujarnya.

‎Nurman mengakui, saat ini pihaknya sedang berupaya membebaskan lahan 5 hektar untuk penambahan 400 meter runway Bandara Letung. Dia menegaskan, hal tersebut dilakukan untuk mendapatkan kucuran dana Rp 66 Miliar dari Kementrian Perhubungan.

"Saat ini runway sepanjang 1200 meter x 30 meter. Kami akan menambah panjang runway 400 meter lagi, ini diupayakan sebelum peresmian oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Untuk membebaskan lahan seluas 5 hektar, kami telah menyiapkan dana Rp 815 Juta,"akunya.

Dia juga menyinggung, untuk pembebasan lahan seluas 5 hektar, pihaknya akan menggandeng tim apreisal. "Ini dilakukan supaya kejadian yang lalu, tidak terulang lagi,"ujarnya mengakhiri.

Editor: Surya