Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Setelah 24 Jam Lumpuh, Aktivitas KIB Lobam Kembali Normal
Oleh : Harjo
Jum'at | 20-01-2017 | 16:50 WIB
Jamin-Hidayat.gif Honda-Batam

Jamin Hidajat, Senior Laison Manager PT BIIE Lobam (Foto: Harjo)

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - Aktivitas belasan perusahaan yang beroperasional di Kawasan Industri Bintan (KIB) Lobam, yang sempat lumpuh sekitar 24 jam akibat adanya kerusakan mesin pembangkit, akhirnya kembali beroperasi dan kembali  berjalan dengan normal.

Jamin Hidajat, Senior Laison Manager PT Bintan Inti Industrial Estate (BIIE) kepada BATAMTODAY.COM di Tanjunguban, Jumat (20/1/2017) menyampaikan, lumpuhnya aktivitas perusahaan di KIB Lobam sejak kemarin sore (19/1/2017) itu, disebabkan karena adanya kerusakan pada mesin pembangkit milik BIIE.

"Kerusakan ada pada mesin pembangkit dan onderdil pengganti dari mesin yang rusak harus diorder di Singapura. Sehingga membutuhkan waktu, apalagi di Singapura sendiri juga tidak memiliki stok suku cadang, sehingga harus membeli suku cadang dari Philipina. Itu yang membuat lama mesin bisa dioperasikan kembali," ungkap Jamin.

Dengan sudah selesainya perbaikan, terhitung sekitar pukul 15.00 Wib hari ini, semua mesin pembangkit sudah dioperasikan kembali dan pasokan listrik ke semua perusahaan sudah normal.

"Semoga tidak ada gangguan kembali pada mesin pembangkit, sehingga pasokan listrik ke seluruh perusahaan normal. Aktivitas perusahaan kembali lancar dan  kondisi kawasan pun tidak lagi gelap gulita karena tidak ada aktivitas," imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, aktivitas seluruh perusahaan yang ada di Kawasan Industri Bintan (KIB) Lobam, lumpuh akibat terjadi listrik milik kawasan tersebut padam total, Kamis (19/1/2017) sejak pukul 13.30 Wib.

Salah seorang karyawan perusahaan yang ada di KIB Lobam, Hasan menyampaikan, matinya listrik di kawasan yang menyebabkan aktivitas seluruh perusahaan terhenti itu, dari pukul 13.30 Wib dan hingga sore hari.

"Karena mati lampu, semua aktivitas perusahan yang ada di KIB Lobam lumpuh total. Saat listrik tidak menyala, sebagian karyawan Lobam banyak yang ke luar dari perusahaan dan sebagian masih tetap berada di dalam lingkungan perusahaan, menunggu listrik menyala," ungkap Hasan yang diamini oleh sejumlah rekannya.

Dijelaskan, listrik kawasan Lobam  hingga pukul 17.00 Wib, belum juga menyala, namun belum diketahui penyebabnya serta sampai kapan listrik menyala kembali. Akibat listrik padam, diperkirakan masing-masing perusahaan merugi karena tidak bisa beroperasi.  

Editor: Udin