Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kurangi Angka Pengangguran, Dinas Koperasi Batam Genjot Masyarakat Jadi Pengusaha
Oleh : Irwan Hirzal
Rabu | 18-01-2017 | 16:22 WIB
sulaimannababan.jpg Honda-Batam

Kepala Dinas KUM Kota Batam, Sulaiman Nababan. (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Banyaknya pemutusan hubungan kerja (PHK) yang dilakukan perusahaan di Batam, berimbas pada melonjaknya jumlah pengangguran. Menyikapi hal itu Dinas Koprasi dan Usaha Mikro (KUM) memiliki gagasan untuk mengurangi jumlah pencari kerja.

 

Kepala Dinas KUM Sulaiman Nababan yang dilantik 30 Desember 2016 lalu mengatakan, pihaknya akan menindak lanjuti melaksanakan apa yang telah disusun pejabat yang lama. Rencana pihaknya sesuai Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) akan melakukan pelatihan menyangkut wirausahaan bagi masyarakat umum.

"Kami fokus dalam mengembangkan koprasi dan usaha mikro. Karena usaha kecil sudah ditangani oleh provinsi dan kalau menengah ditangani pusat. Jadi kami fokus dalam mengembangkan usaha mikro terutama pelatihan menyangkut wirausaha," ujar Sulaiman ditemui di kantornya Sekupang Rabu (18/01/2017).

Pelatihan itu, kata mantan Kepala Dinas Kebersihan, untuk merubah pola pikir masyarakat Kota Batam agar tidak mengharapkan gaji dari perusahaannya atau merubah dari pekerja menjadi wirausaha.

"Memang kebetulan masyarakat kota Batam mayoritas pekerja. Di satu sisi pekerja ada yang kena PHK. Jadi kita coba kasih semangat dari segi pelatihan bagi mereka dalam mengembangkan usahanya," katanya.

Sulaiman menambahkan dilain sisi pendapatan sebagi pekerja sangat terbatas. Sehingga dalam melakukan pelatihan wirausaha agar memotofasi masyarakat untuk berahli sebagai pengusaha.

"Berkerja penghasilan terbatas, kita coba merubah pola pikir untuk berahli sebagai wirausaha. Justru kita ciptakan mereka agar bisa membuka lapangan kerja atau pengusaha. Minimal pemula, atau bisa menghidupkan keluarganya," pungkasnya.

Editor: Dardani