Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Terlibat Curi Laptop, Namuli Babak Belur Dihajar Warga
Oleh : Gokli/Dodo
Minggu | 09-10-2011 | 16:25 WIB
Erwin-memegang-Motor-Pelaku.gif Honda-Batam

Erwin, ketua RT 02 Perumahan Anggara saat mengamankan motor milik Namuli Hutagaol yang menjadi sasaran kemarahan warga. (Foto: Gokli).

BATAM, batamtoday - Namuli Hutagaol (25) babak belur dihajar warga lantaran tertangkap basah saat mendalangi aksi pencurian laptop milik Sigit Sumaryono (30) di Perumahan Anggara, Sagulung pada Minggu (9/10/2011).

Tak hanya babak belur, warga yang marah bahkan nyaris membakar Namuli yang tinggal di Perumahan Putri Tujuh Batuaji. Beruntung, Erwin, ketua RT 02 Perumahan Anggara langsung sigap mengamankan dirinya.

Saat beraksi sebetulnya Namuli tidak sendirian. Dia ditemani rekannya berinisial RP yang berhasil kabur dan menjadi buron Polsek Sagulung.

Sementara itu, Sigit Sumaryono saat ditemui batamtoday menceritakan, kejadian itu sekitar pukul 05.00 WIB, dimana dirinya yang saat itu sedanf tidur terkaget mendengar suara kasak kusuk di dalam kamarnya.

"Begitu saya bagun, ternyata RP (DPO) sudah di dalam kamar sedang mengambil laptop. Saya langsung teriak maling, saat itu juga RP langsung kabur," ungkap Sigit di Polsek Sagulung.

Mendengar teriakan maling, warga sekitar langsung berkerumun mendekati kediaman Sigit. Nah, saat itulah Namuli yang lagi duduk di atas sepeda motor Yamaha Mio BP 1414 GF langsung diamuk warga. Bahkan motor tersebut turut menjadi sasaran amukan warga yang ada di lokasi kejadian.

"Namuli bertugas mengintai sekaligus joki, sementara RP (DPO) sebagai eksekutor yang masuk ke dalam rumah," papar Erwin menambahkan keterangan korban.

Namuli sebelum diamuk warga, dia sempat melakukan perlawanan, bahkan lengannya korban sampai luka lantaran digigit Namuli karena berusaha kabur.

"Karena perlawanan pelaku ini membuat warga semakin marah, bahkan sempat akan dibakar warga," tukas Erwin.

Pelaku yang sudah tak berdaya akhirnya digotong warga ke Polsek Sagulung berikut sepeda motor yang digunakan sebagai barang bukti.

Kedua pelaku, Namuli dan RP yang masih DPO diduga kuat sebagai pemain lama, yang acap kali melakukan pencurian dengan modos yang sama. Dimana pada malam yang sama di Perumahan Anggara, simpang Kavling Lama Sagulung  tiga warga melapor pembobolan rumah ke Polsek Sagulung.