Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ada Gua di Planet Mars!
Oleh : Magid
Jum'at | 31-12-2010 | 13:32 WIB

Amarika Serikat, batamtoday - Ilmuwan dari NASA baru-baru ini mempublikasikan gambar yang diambil dari planet Mars. Salah satunya, lubang hitam (black hole) yang  diambil dari permukaan Mars yang selama ini jadi objek para peneliti, ternyata merupakan sebuah Gua alami yang belum diketahui bagaimana proses pembentukanya.

Para Ilmuwan dalam proses pengambilan gambar menggunakan kamera Hirise berteknologi tinggi yang dapat melihat benda sebesar meja dari permukaan Planet Mars. Gambar jelas, berbentuk lubang tersebut, diyakini sebagai poros yang membelah aliran lava gunung Ascraeus. Namun kebenaranya masih diperdebatkan.

Sebagian ilmuwan percaya bahwa gua tersebut berbentuk horizontal yang terkoneksi dengan lubang lainya. Namun ada juga yang mengira lubang tersebut berbentuk Vertikal dan hanya menjorok kedasar permukaan Mars.

"Pertanyaan besar adalah jika ini gua sebenarnya, dan berbentuk horizontal seperti lubang persembunyian pada umumnya," kata McEwen, peneliti NASA seperti dikutip batamtoday dari laman National Geographic, Jum'at (31/12/2010).

Meski hasil penelitian masih perlu didalami, namun NASA telah mengklaim bahwa temuan tersebut sedikit banyak akan dapat mengungkap misteri keberadaan mahluk hidup di Planet Mars seperti dikisahkan dalam film fiksi ilmiah.